Pengamat Intelijen: Dialog Tentang Keamanan Di Papua penting, Namun Tindakan tegas Harus Tetap Dilakukan

oleh -228 views

 

 

Papua,(14/06),Pengamat intelijen dan keamanan, Stanislaus Riyanta menilai bahwa dialog dengan tokoh-tokoh seperti agama, adat dan masyarakat tetap penting dilakukan, sebagai salah satu cara yang bisa menjadi solusi untuk meredakan situasi yang terjadi di Papua.

“Dialog sangat penting untuk dilakukan terutama dengan informal leader, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh lainnya,” kata Stanislaus, Minggu (13/6.

Meski demikian, ia menilai bahwa upaya tegas harus tetap dilakukan untuk mengantisipasi ancaman dan provokasi dari kelompok teroris OPM di Papua. Maka, solusi terbaik bisa dengan menyeimbangkan antara pendekatan lunak dengan keamanan.

“Dialog harus menjadi jalan utama untuk permasalahan di Papua, namun bagi kelompok yang menggunakan kekerasan dengan senjata tetap harus ditindak sesuai hukum yang berlaku,” kata Stanislaus.

Seperti diketahui, Pemerintah secara intensif, melalui Menko Polhukam dan juga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah melakukan serangkaian pertemuan dengan tokoh adat dan agama Papua yang memiliki peran penting dan bisa membuka ruang serta mewujudkan perdamaian dan keamanan bagi masyarakat Papua.

“Damai itu dambaan dan cita-cita kita semua. Kami berharap ada kontribusi dari semua pihak untuk mewujudkan Papua yang damai,” Kepala BNPT Boy Rafli Amar saat pertemuan dialog kebangsaan dengan sejumlah tokoh Papua di Timika pada Jumat (11/6) lalu(red).

No More Posts Available.

No more pages to load.