Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) telah menghadirkan Indonesia anti-phishing data exchange (Idadx) sebagai salah satu upaya memerangi phishing

oleh -215 Dilihat

Guna meningkatkan ketahanan internet Indonesia, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) telah menghadirkan Indonesia anti-phishing data exchange (Idadx) sebagai salah satu upaya memerangi phishing. Selama kurun waktu 5 tahun terakhir, Idadx telah menerima laporan phishing domain .id sebanyak 32.296.

Phishing adalah upaya yang dilakukan guna memperoleh informasi pribadi korban dengan menyamar atau pengelabuan menggunakan website pihak tertentu. Misalnya lewat link yang dikirim ke email atau Whatsapp menggunakan berbagai domain, termasuk domain .id.

“Ada 32.296 laporan terkait phishing domain.id. Bisa dibayangkan, berapa besar kerugian yang ditimbulkan. Indonesia Anti-Phishing Data Exchange sendiri kami hadirkan untuk meningkatkan keamanan siber nasional dengan memfasilitasi respon global terhadap kejahatan internet di sektor pemerintah, penegakan hukum, industri, dan komunitas internet. Jadi sebagai pengelola nama domain .id, kita bisa lebih cepat merespon ketika terjadi laporan terkait phishing,” kata Deputi Pengembangan Riset Terapan, Inovasi dan Teknik Pandi Muhammad Fauzi dalam konferensi pers secara daring, Jumat (25/3/2022).

Fauzi menjelaskan, Idadx menganalisa serangan phishing dan pencurian identitas lainnya pada lingkup nama domain .id dari sumber data anti-phishing working group,data netcraft, laporan anggota Idadx, serta laporan masyarakat

Dalam website-nya, Idadx menyediakan dashboard yang memiliki fitur phishing report untuk melaporkan kejadian phishing agar ditindaklanjuti lebih cepat dan akurat, pemantauan data tren phishing di Indonesia, serta phishing data feed yang bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan infrastruktur siber.

Khusus di kuartal I 2022, jumlah serangan phishing unik yang dilaporkan mencapai 3.180. Organisasi yang paling sering menjadi sasaran serangan phishing pada kuartal I 2022 yakni international revenue service (IRS), sementara sektor bisnis yang paling menjadi sasaran serangan phishing adalah lembaga keuangan.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.