Pengelolaan Arsip Merupakan Indikator Keberhasilan Reformasi Birokrasi, Oleh-Oleh Dari Diklat Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis (PMPB)

oleh -1.113 views

 

TNI AL-STTAL Surabaya, Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kearsipan, STTAL mengirim dua orang PNS untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis (PMPB) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan TNI AL (Disdikal) bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dengan metode pembelajaran jarak jauh (distance learning), yang berlangsung pada 15 hingga 18 Juni 2021. Dua personel dari STTAL, meliputi: Penda Tk. I. III/b Tadjudin Nur Sungaidi dan Penda III/a Rita Widyawati, keduanya merupakan penata arsip di Direktorat Pascasarjana dan Bagian Kesekretariatan STTAL. Jumat (18/06/2021).

Materi yang diberikan dalam diklat, mencakup; Kebijakan Kearsipan Nasional, Pengantar Kearsipan, Instrumen Pengelolaan Arsip Dinamis, Pengelolaan Arsip Aktif, Pengelolaan Arsip Vital dan Terjaga, Pengelolaan Arsip Inaktif, dan Penyusutan arsip, serta Pengelolaan arsip berbasis TIK.

Kegiatan dibuka pada 15 Juni 2021 secara Daring Online oleh Kadisdikal, Laksma TNI Dr. Diki Atriana, M.Sc., CHRMP., yang diwakili oleh PgS. Kasubdis Perssip, Letkol Laut (KH) Donny George P., S.Pi., M.M., M.Tr.Hanla., dan ditutup Pada 18 Juni 2021, oleh Koordinator Kelompok Substansi Pelaksanaan dan Kerja sama Diklat, Dra. Arih Murwati, MAP.

Menurut Sekretaris Pelaksana Reformasi Birokrasi STTAL, Sunarta, ST, MT., yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Departemen Akademik STTAL, mengemukakan bahwa pengelolaan arsip yang buruk akan menjadikan organisasi memiliki stigma kinerja yang buruk, sebaliknya pengelolaan arsip yang baik (benar dan tepat) akan menjadikan organisasi memiliki stigma kinerja yang baik. Pengelolaan arsip yang baik merupakan salah satu indikator keberhasilan dari upaya reformasi birokrasi. Komitmen STTAL adalah menjalankan reformasi birokrasi melalui perbaikan sistem penataan arsip yang berkualitas.

Demikian Berita Bagian Penerangan STTAL.

No More Posts Available.

No more pages to load.