Pengguna YouTube untuk Android kini bisa menikmati video dengan resolusi 3840 × 2160

oleh -156 views

Pengguna YouTube untuk Android kini bisa menikmati video dengan resolusi 3840 × 2160 atau yang populer dengan sebutan 4K. Dengan update terbaru versi 16.07.34 yang sudah live di Play Store, aplikasi YouTube bahkan memungkinkan penggunanya yang memiliki ponsel dengan resolusi lebih rendah memainkan konten-konten 4K.

Jika mengacu terhadap spesifikasi teknis ponsel low end, sebenarnya konten 4K tidak bisa diputar pada layar yang lebih kecil resollusinya. Tetapi dengan spesifikasi ponsel yang makin naik mendekati resolusi 2K hingga 4K pada ponsel flagship diyakini menjadi alasan YouTube memungkinkan resolusi tinggi tersebut dimainkan.

Saat ini ponsel kelas low end hingga mid range kebanyakan memiliki resolusi layar pada kisaran 720p atau 1080p. Ponsel-ponsel ini tidak memiliki fungsionalitas untuk memutar video YouTube dalam resolusi tertinggi. Beberapa batasan yang terjadi adalah karena koneksi internet yang lambat, layar resolusi rendah, Digital Rights Management (DRM), konten berbayar dan lain-lain.

Bahkan sebelum YouTube versi 16.07.34, Google membatasi streaming video YouTube pada Android hingga resolusi 1440p atau 2560×1440 (WQHD) saja kendati video yang diunggah memiliki resolusi 4K atau bahkan lebih.

Google kini menyelesaikan masalah tersebut sehingga pengguna kini bisa menyaksikan video dengan resolusi 2160p (4K) HDR bahkan kendati perangkat yang digunakan hanya memiliki resolusi 720p. Kendati begitu video 4K yang diputar pada layar 720p tidak memberikan banyak perbedaan karena keterbatasan hardware. Bahkan bisa jadi Google membuat kesalahan dengan mengizinkan piranti dengan layar beresolusi rendah menyetel video dengan resolusi 4K.