Pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka tidak dicek surat bebas Covid-19

oleh -337 views

Pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka tidak dicek surat bebas Covid-19, baik tes cepat antigen maupun GeNose. Hal ini berlaku untuk wisatawan lokal dan luar daerah.

“Kami meyakini kalau orang berani keluar rumah biasanya dalam kondisi sehat. Selain itu, kami juga percaya mereka telah melalui screening di perbatasan wilayah,” kata Kepala Bagian Humas dan Promosi Kebun Binatang Gembira Loka, Fahmi Ramadhan di Yogyakarta, Jumat (14/5/2021).

Fahmi mengaku tak khawatir dengan kedatangan wisatawan dari luar daerah. Alasannya prosedur operasional standar (SOP) di area kebun binatang, diyakini mampu meminimalisasi kemungkinan penularan Covid-19.

Sekitar seribuan wisatawan mengunjungi objek wisata tersebut pada hari kedua libur Lebaran. Jumlah kunjungan itu melonjak signifikan dibandingkan hari pertama Lebaran yang tidak sampai menyentuh 500 wisatawan.

“Kami perkirakan peningkatan kunjungan ini akan terus terjadi sampai Minggu (16/5/2021),” kata Fahmi.

Menurut Fahmi, para pengunjung itu tidak sepenuhnya wisatawan lokal. Beberapa di antaranya diperkirakan berasal dari luar wilayah.

“Selama ini wisatawan lokal justru kurang antusias berkunjung. Meski banyak (pengunjung) yang menggunakan kendaraan berpelat nomor Yogyakarta, kami menduga beberapa orangnya berasal dari luar daerah,” ujar Fahmi.

Selain dipengaruhi libur Lebaran, menurut Fahmi, peningkatan jumlah pengunjung saat ini ikut didorong kehadiran koleksi satwa baru berupa Singa Afrika dan Meerkat yang baru didatangkan dari Jawa Timur sepekan lalu.

Dengan daya tarik baru tersebut, Fahmi optimistis kunjungan wisatawan di salah satu destinasi wisata utama di Yogyakarta itu masih akan melonjak hingga mencapai 2.000 orang pada akhir pekan.

“Peningkatan kunjungan ini masih jauh jika dibandingkan sebelum pandemi yang bisa mencapai 23.000 pengunjung saat Lebaran,” ucap Fahmi.

No More Posts Available.

No more pages to load.