Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) dan Indonesian Basketball League (IBL) saat ini masih menunggu proses keluarnya izin keramaian

oleh -1.194 views

Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) dan Indonesian Basketball League (IBL) saat ini masih menunggu proses keluarnya izin keramaian dari pihak kepolisian untuk menggelar kompetisi bola basket di Tanah Air.

“Kami sekarang masih menunggu izin keramaian keluar dari pihak kepolisian. Kami tahu semua butuh proses. Perbasi sudah meminta izin awal tahun ini, apalagi kami juga menyampaikan sistem internal protokol kesehatan yang sudah disimulasikan dan dipersiapkan cukup matang secara ketat dan disiplin,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP Perbasi, Nirmala Dewi ketika dihubungi SP, Kamis (7/1)

Menurutnya Liga bola Basket Indonesia (IBL) berencana akan menggelar kompetisi di Mahaka Square Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Jumat (15/1/2021). Guna menghindari penyebaran Covid-19, kompetisi IBL 2021 bakal diadakan dengan sistem gelembung. Diakui melalui sistem itu, seluruh pemain hingga ofisial tidak boleh keluar dari zona yang sudah ditentukan. Dengan demikian, mereka tetap terjaga dari penyebaran virus corona (Covid-19).

Sementara Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah masih belum banyak bicara terkait rencana musim baru kompetisi basket Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Sebelumnya IBL berencana menggelar kompetisi selama tiga bulan mulai 15 Januari dan selesai pada 22 Maret.

Dalam pelaksanaannya, IBL pernah menyebut bakal menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tak hanya itu, IBL juga bakal menerapkan sistem bubble atau digelar di satu lokasi dengan pembatasan jumlah orang yang terlibat, termasuk tanpa penonton.

Tahun ini IBL juga tidak memakai pemain asing karena situasi pandemi Covid-19. Tetapi banyak pemain-pemain veteran yang kembali tampil setelah sempat pensiun dari basket profesional.

Liga musim ini diikuti 12 tim dan terbagi dalam dua divisi yakni Divisi Merah dan Divisi Putih. Mereka yang merupakan tim peserta musim lalu adalah Amartha Hangtuah, Bank BPD DIY Bima Perkasa, Louvre Dewa United Surabaya, Pacific Caesar Surabaya, Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Prawira Bandung, Satria Muda Pertamina Jakarta, Satya Wacana Salatiga, NSH Montain Gold Timika serta Indonesia Patriots, tim yang menjadi program pemusatan latihan timnas muda Indonesia. Ditambah lagi, dua tim baru peserta liga yaitu West Bandits Solo dan Bali United Basketball.

728×90 Leaderbord