Penting, Personel TNI AL Dan US Navy Bertukar Pengetahuan Tentang Perang Ranjau dan Bom

oleh -206 views

 

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 2 November 2021, Setelah resmi dibuka oleh Kaskoarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P, M.Tr.(Han), Latma CARAT 2021 segera melaksanakan Tahap Pangkalan.

Adapun agenda kegiatan diawali dengan forum diskusi dan saling bertukar pemahaman serta pengetahuan, atau yang disebut dengan Subject Matter Expert Exchange (SMEE) antara delegasi TNI AL dengan US Navy, Senin (1/11/2021) di Puslatkaprang Kolat Koarmada II.

Kali ini hal yang diangkat mengenai Latihan Perang Ranjau atau Mine Warfare Exercise (Minex), dan Explosive Ordnance Disposal (EOD) atau Penjinak Bom. Kedua kegiatan tersebut diikuti oleh personel Satkopaska dan Satuan Kapal Ranjau Koarmada II, dan personel dari tim Minex/ EOD USN.

Dalam kesempatan ini Tim EOD berbagi pemahaman dengan personel Satkopaska, tentang upaya perlindungan diri yang harus dilakukan oleh personel, saat harus menjinakan bahan peledak yang mengandung kimia dan nuklir yang berbahaya. Upaya tersebut dilakukan melalui penggunaan baju yang dirancang khusus untuk melindungi petugas.

Berikutnya Tim Minex yang berbagi informasi tentang robot pendeteksi ranjau, yang amat membantu saat terlibat peperangan ranjau dengan musuh.

Sementara di tempat berbeda yakni Lakesla, dilaksanakan Medical SMEE yang membahas tentang Penanggulangan Covid-19. Kegiatan dilaksanakan secara virtual, dan diikuti oleh personel Kesehatan TNI AL, serta 6 personel US Navy dan USMC.

No More Posts Available.

No more pages to load.