Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) menghadirkan banyak mobil listrik

Otomatif759 Dilihat

Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) menghadirkan banyak mobil listrik sebagai kendaraan resmi para delegasi peserta KTT ASEAN. Ada lebih dari 200 kendaraan listrik dari berbagai merek yang dihadirkan mulai dari BMW, Hyundai, Toyota, hingga Wuling. Seperti apa spesifikasinya?

BMW iX
Mobil listrik yang dihadirkan BMW dalam KTT ASEAN adalah model iX. Di Indonesia, varian yang diluncurkan yaitu BMW iX xDrive40, memiliki output lebih dari 326 hp. Konsumsi daya listrik BMW iX xDrive40 rata-rata dalam siklus WLTP di bawah 20 kWh per 100 kilometer.

Teknologi pengisian daya yang baru pada BMW iX juga memungkinkan pengisian cepat DC (arus searah) dengan daya pengisian yang sangat tinggi. BMW iX xDrive40 dapat mengisi ulang baterai tegangan tinggi hingga 200 kW. Hal ini berarti mengisi daya selama 10 menit dapat menyediakan energi yang cukup untuk menambah jangkauan lebih dari 90 km. Pengisian daya baterai tegangan tinggi dapat ditingkatkan dari 0% ke 80% dalam waktu kurang dari 34 menit. Mobil listrik premium ini dibanderol mulai dari harga Rp 2,307 miliar.

Daftar Kendaraan Listrik yang Dipakai Delegasi KTT ASEAN
Senyak 50 unit Wuling Air ev digunakan sebagai kendaraan resmi delegsi KTT ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Wuling Air ev
Mobil listrik mungil dari Wuling ini masih tercatat sebagai mobil listrik terlaris di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, Wuling Air ev memiliki beberapa keunggulan mulai dari kemudahan pengisian daya yang dapat dilakukan di rumah, keamanan baterai, sampai dengan rangka yang kokoh serta airbag. Fitur canggih lainnya seperti Wuling remote control app dengan fasilitas internet of vehicle dan perintah suara berbahasa Indonesia dengan WIND. Saat diluncurkan di GIIAS 2022, Wuling dibanderol mulai Rp 238 Juta.

Daftar Kendaraan Listrik yang Dipakai Delegasi KTT ASEAN
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) melakukan serah terima 117 unit Ioniq 5 sebagai kendaraan resmi operasional negara peserta ASEAN Summit 2023 di Hyundai Driving Experience, SCBD Lot 19, Senin 17 April 2023

Ioniq 5
Mobil listrik Hyundai ini sudah dilengkapi portable charger yang dapat terhubung ke stop kontak dinding standar. Selain itu Ioniq 5 juga dapat menunjang pengisian daya sampai 80% hanya dalam waktu sekitar 18 menit. Adanya fitur V2L juga memungkinkan Ioniq 5 menjadi sumber daya listrik sebesar 3,6 kW untuk penggunaan perangkat elektronik. Harga model ini mulai dari Rp 748 juta.

Daftar Kendaraan Listrik yang Dipakai Delegasi KTT ASEAN
Mobil listrik Toyota bZ4X.

Toyota bZ4X
Toyota bZ4X memiliki desain eksterior yang mengacu pada platform e-TNGA. Fitur keselamatannya juga cukup lengkap mulai dari rear cross traffic-alert, blind-spot monitoring, lane-keeping assist, lane-departure warning, adaptive cruise control, dan panoramic view monitor. Kendaraan ini dibanderol mulai Rp 1,19 miliar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *