Peresmian Kapal Selam Buatan Anak Bangsa, Komandan Lantamal V Sambut Pejabat Negara di Surabaya

oleh -83 views

 

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc., Sc, menyambut kedatangan para pejabat negara di Surabaya dalam rangka Peresmian Kapal Selam buatan anak bangsa KRI ALugoro-405, Rabu (17/03).

Sederet pejabat pemerintahan dan Pimpinan TNI tiba di Surabaya antara lain Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Purn) H. Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto S.I.P, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S..E., M.M, serta para pejabat terkait lainnya.

KRI Alugoro-405 merupakan Kapal Selam TNI AL yang dibangun Kementerian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia melalui PT PAL Indonesia (Persero), bekerja sama dengan perusahaan Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Kapal selam ini, segera akan memperkuat jajaran Komando Armada (Koarmada) II TNI AL, dan Lantamal V sendiri merupakan Pangkalan terbesar TNI AL yang ada di bawah Koarmada II TNI AL.

Diungkapkan oleh Menhan RI saat meresmikan kapal tersebut bahwa, Indonesia harus memilki kekuatan yang cukup untuk menjaga kedaulatan, melindungi segenap tumpah darah, kesatuan dan keutuhan wilayah dari ancaman. “Hari ini merupakan selangkah ke depan bagi kita semua untuk membangun tentara kita ke arah yang lebih kuat lagi”, ungkap Menhan RI Letjen TNI (Purn) H. Prabowo Subianto.