Peringatan Isra Mi’raj di Koarmada III Khidmat: Pangkoarmada III Ajak Prajurit Berdoa Memohon Covid-19 Berakhir dan Berikhtiar Terapkan Prokes

oleh -116 views

 

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., menegaskan negara dan bangsa Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19, hingga saat ini. Marilah kita bermohon kepada Allah SWT agar pandemi Covid-19 segera berakhir, berikhtiar disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta mengikuti vaksinasi nasional guna membentuk kekebalan komunitas (herd immunity).

Penegasan tersebut dikemukakan Pangkoarmada III dalam sambutannya pada peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan keluarga besar Koarmada III di Masjid Baiturrahman Mako Koarmada III Jl. Yos Sudarso Katapop, Distrik Salawati, Sorong, Papua Barat, Rabu (17/3/2021). Tema peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW ini yaitu: “Maknai Isra Mi’raj Nabi Muhammad SWA 1442 H/ 2021 M sebagai Landasan Moral Prajurit dan PNS bermental tangguh”.

Sementara itu, ustadz Agung Sibela, S.Ag dari Kemenag Kota Sorong dalam ceramah hikmah dan makna Isra Mi’raj Nabi Muhammad SWA antara lain mengatakan, Isra’ Mi’raj memiliki dua dimensi sekaligus, yaitu nilai horizontal dan nilai vertikal.

Peristiwa itu tersirat dua nilai penting yang saling berhubungan, yaitu nilai horizontal dan nilai vertikal. Perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa di Palestina adalah simbol interaksi horizontal. Kemudian dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha adalah simbol vertikal.

Dalam kenyataannya, manusia selain sebagai makhluk Tuhan juga memiliki sisi kemanusiaan yang saling berhubungan. Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan manusia lain dalam keseharian, untuk saling mengasihi dan tolong menolong. Ini yang biasa kita sebut hablun minannas, berhubungan baik dengan sesama manusia.

Dari segi vertikal manusia juga harus menambah penghayatan keagamannya. Sebagai makhluk Tuhan, hablun minAllah juga menjadi prioritas. Hubungan kita dengan Allah harus diperdalam dan ditingkatkan kualitasnya. Salah satu hikmah yang dapat kita petik memeringati peristiwa Isra Mi’raj adalah tentang ibadah sholat yang di dalamnya mengandung nilai-nilai kesetiaan, ketaatan, dan kepatuhan kita kepada Allah SWT.

728×90 Leaderbord

“Melalui peringatan Isra Mi’raj ini, mari kita tingkatkan kualitas sholat, sempurnakan sholat dan mengimplementasikan nilai sholat dalam kehidupan sehari-hari. Pengiratan Isra’ Mi’raj ini penting kiranya kita juga mengutamakan aspek sosial dalam beribadah. Segala peribadatan yang sifatnya Mi’raj dan transedental, seyogyanya juga memiliki dimensi Isra’, yang bermanfaat kepada sesama manusia. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat terhadap sesama,” jelasnya.

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H/ 2021 M ini dihadiri Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Inspektur Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya Saputra, S.T., M.Si. (Han)., M.Tr. Opsla., Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Bertiana Dadi Hartanto dan segenap Pengurus Daerah Jalasenastri Armada III. Selama acara berlangsung menerapkan protokol Kesehatan dan menampilkan hiburan group Hadrah Koarmada III yang dipimpin Letkol Laut (KH) Zainul, S.Ag., M.Ag.