Peringati Hari Dharma Samudera di Sorong, Tabur Bunga Di Laut Berlangsung Khidmat

oleh -383 views

 

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara Tabur Bunga di laut dalam rangka memeringati Hari Dharma Samudera berlangsung khidmat di KRI Teluk Lada-521, Dermaga Lantamal XIV Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat, (15/1/2021).

Upacara Tabur Bunga Hari Dharma Samudera 2021, diawali penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah para Pahlawan. Selanjutnya, Pangkoarmada III melaksanakan pelarungan bunga dilanjutkan prosesi tabur bunga ke laut yang diikuti oleh peserta upacara. Hadir Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., dan Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasa) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam amanat tertulis yang dibacakan Pangkoarmada III pada upacara Tabur Bunga di Laut di Sorong antara lain mengatakan, peringatan Hari Dharma Samudera kali ini sedianya akan dilaksanakan secara terpusat di Kepulauan Natuna.

“Namun dengan adanya musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu, maka saya memutuskan untuk merubah pelaksanaan upacara secara sederhana di dermaga Kolinlamil Jakarta. Perubahan tersebut merupakan wujud empati kita bersama dalam rangka memfokuskan kekuatan alutsista dan personel TNI Angkatan Laut untuk mendukung operasi pencarian dan pengangkatan pesawat Sriwijaya Air SJ-18,” ujarnya.

Menurut Kasal lebih lanjut, TNI AL bersama-sama dengan instansi pemerintah lainnya secara cepat telah mengerahkan segala daya dan upaya berupa alutsista dan personel dalam pencarian korban, badan pesawat dan black box Sriwijaya Air. Respon cepat satuan TNI AL yang tergelar di lapangan ini, merupakan wujud nyata kehadiran (sea presence) TNI AL yang selalu siap siaga dalam memenuhi panggilan tugas.

“Hal ini juga membuktikan efektifitas kekuatan TNI AL sebagai sebuah kekuatan yang siap dioperasionalkan (Operational Ready Force) yang bertumpu pada Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terdiri dari kapal perang, pesawat udara, Korps Marinir serta pangkalan telah terbukti, baik pada Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun pada situasi penanganan pandemi covid-19 dan sar seperti saat ini, yang termasuk dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” tegasnya.

728×90 Leaderbord

Kasal juga menegaskan agar prajurit TNI AL agar selalu siap setiap saat melaksanakan tugas yang diamanahkan oleh negara. “Para prajurit Jalasena dimanapun kalian berada dan bertugas … tanamkan dalam benak kalian …“saat negara memanggil … kekuatana Angkatan Laut harus selalu berada di garis depan…saat negeri ini membutuhkan … tak ada lagi jawaban lainnya … serahkan jiwa raga kalian…”tegas Kasal memberikan motivasi kepada prajurit TNI AL.

Momentum peringatan Hari Dharma Samudera, Kasal mengingatkan kepada seluruh prajurit TNI AL untuk bersama bertekad mewujudkan nilai-nilai patriotisme, kepahlawanan dan kepemimpinan yang diwariskan oleh para pendahulu kita di dalam pengabdiannya kepada TNI AL, TNI, bangsa dan negara tercinta.

Selaras dengan semangat “Jalesveva Jayamahe” yang berarti “Justru di Laut Kita Jaya” atau “Di Laut Kita Menang”. Saya harapkan peringatan Hari Dharma Samudera tahun ini juga dapat menginspirasi bangsa Indonesia untuk membangun dan membangkitkan kembali kejayaan nusantara, dengan menyadari bahwa laut adalah faktor kunci tercapainya kejayaan bangsa menuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” tegasnya.
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.