Peringati HUT Ke-59 Kowal, TNI AL Lanal Tarempa Laksanakan Pembersihan Pantai dan Melepas Tukik di Pantai Anambas

oleh -20 views

 

 

Kepulauan Anambas,- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-59 Komando Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal), Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla beserta seluruh Prajurit baik Perwira, Bintara, Tamtama, dan ASN Lanal Tarempa melaksanakan pembersihan pantai dan pelepasan tukik di Pantai Pulau Pahat, Kepulauan Anambas, Rabu (05/01/2022).

 

“Saya Selaku Komandan Lanal Tarempa mewakili Keluarga Besar Lanal Tarempa mengucapkan Dirgahayu ke-59 Kowal yang jatuh pada hari ini tanggal 05 Januari 2022. Semoga Komando Wanita TNI Angkatan Laut semakin jaya, bersemangat dan tangguh untuk mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, serta semakin profesional dalam menjalankan pengabdiannya di TNI Angkatan Laut,  Bangsa dan Negara”, ucap Danlanal Tarempa.

 

Pada kesempatan yang sama, Danlanal Tarempa juga menyampaikan bahwa kegiatan pembersihan pantai dan pelepasan tukik atau anak penyu jenis sisik ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kowal ke-59, sebagai bentuk rasa syukur dan rasa peduli Lanal Tarempa terhadap lingkungan dan keseimbangan biota laut. Selain sebagai penjaga keseimbangan ekosistem, penyu secara tidak langsung  bermanfaat untuk menumbuhkan ekonomi di sektor perikanan. Di laut penyu memakan ubur-ubur, dimana ubur-ubur seringkali memangsa anak ikan, apabila populasi penyu di laut menurun, maka populasi ubur-ubur akan meningkat, sehingga menyebabkan populasi ubur-ubur yang akan mengancam keberadaan anak-anak ikan dan mengakibatkan ketersediaan ikan bagi nelayan menjadi sedikit, kemudian sebaliknya, jika populasi penyu meningkat maka anak-anak ikan menjadi aman dari ancaman ubur-ubur lalu dapat tumbuh hingga dewasa.

 

“Sengaja kami melepas Tukik di Pantai Pulau Pahat, karena area tersebut merupakan habitat atau tempat penyu dewasa bertelur secara alami sehingga diharapkan nantinya jika tukik yang dilepas sudah dewasa, akan kembali ke pantai tersebut untuk bertelur seperti induknya, 95 ekor tukik yang baru menetas berhasil dilepas dengan cara bersamaan atau bergerombol untuk meminimalisir dimangsa oleh predator,” ujar Danlanal Tarempa.

 

Diakhir sambutannya, Danlanal Tarempa menyampaikan, “Di Hari Ulang Tahun ke-59 Korp Wanita Angkatan Laut, saya berharap Kowal dapat semakin maju dalam berkiprah demi kemajuan TNI Angkatan Laut, Bangsa dan Negara”.

 

(Pen Lanal Tarempa)

No More Posts Available.

No more pages to load.