Perkembangan zaman ‘memaksa’ para pelaku industri musik saat ini untuk melek digital

oleh -768 views

Perkembangan zaman ‘memaksa’ para pelaku industri musik saat ini untuk melek digital. Tak bisa dipungkiri, eksistensi mereka kini tak hanya ditakar lewat kemunculannya di televisi, tapi juga platform digital.

Ditambah lagi situasi pandemi seperti sekarang yang tak memungkinkan mereka menghibur penggemar secara fisik. Konten video jadi salah satu media yang ampuh untuk menjaga interaksi mereka, dan juga memperluas market pendengar.

Alhasil sejumlah penyanyi Tanah Air sukses menyalurkan talenta ereka di platform video seperti YouTube. Konten yang ditawarkan pun beagam, tak terbatas soal musik saja, tapi juga berbagai tema menarik lainnya.

Berikut adalah sejumlah penyanyi Indonesia yang berhasil melebarkan sayap mereka di kancah digital. Siapa saja mereka?

Anji

Anji menjadi salah satu penyanyi dan musisi yang paling awal terjun ke YouTube. Lewat kanalnya, duniamanji, mantan vokalis Drive ini berbagi konten musik dan obrolan menarik.

Ia pernah membahas berbagai tema menarik seperti polemik cover lagu dan hak cipta, hingga membuat kejutan di acara pernikahan. Saat ini kanal tersebut telah diikuti 3,7 juta subscriber, salah satu yang terbanyak di Indonesia.

Ari Lasso

728×90 Leaderbord

Setelah Anji, muncul nama mantan vokalis Dewa 19, Ari Lasso. Sebagai penyanyi yang menyandang status legenda, Ari berhasil menjaga dirinya tetap relevan dengan generasi saat ini.

Kanalnya, Ari Lasso TV juga cukup produktif membuat beragam konten. Selain interview, ia juga kerap berbagi keseruan di balik layar hingga review makanan kesukaan.

Vidi Aldiano

Vidi Aldiano ternyata juga sudah cukup lama memulai kanal videonya. Tak kurang dari empat tahun, ia sudah mengunggah berbagai konten seputar musik dan vlog di berbagai kesempatan.

Namun setahun belakangan kanalnya mulai banyak dilirik dengan konten andalannya, Vidi-O-Game. Selain mengundang para penyanyi dan musisi, ia juga berbincang dengan pesohor dari platform lain seperti Youtuber dan Selebgram.

Armand Maulana

Sama halnya dengan Vidi, Armand Maulana juga memulai kiprahnya di YouTube sekitar 3 tahun lalu. Di era pandemi, kontennya yang menarik jadi hiburan tersendiri bagi masyarakat.

Salah satu kontennya yang menembus 1 juta views adalah saat mengundang Ariel NOAH. Ia membahas momen di mana sang vokalis NOAH dulunya pernah jadi anggota geng.

David NAIF

Frontman band NAIF, David Bayu juga tak ketinggalan meramaikan kancah per-youtube-an. Dengan pembawaannya yang cair dan mengalir, David menyuguhkan perbincangan hangat dengan tamu yang ia undang.

Selain obrolan menarik, ia juga menyajikan cover lagu bersama narasumbernya. Meski terhitung baru, David Bayu Tube sudah mulai menjaring banyak penonton, dan terus bertumbuh.