Perkuat Potensi Maritim, TNI AL Lanal TBA Sosialisasikan Bintahwilmar di Desa Kapal Merah Kabupaten Batu Bara

Perkuat Potensi Maritim, TNI AL Lanal TBA Sosialisasikan Bintahwilmar di Desa Kapal Merah Kabupaten Batu Bara

Daerah226 Dilihat

 

TNI AL, Tanjung Balai,- Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan melaksanakan Kegiatan Wawasan Kebangsaan Bintahwilmar (Pembinaan Pertahanan Wilayah Maritim) dan Kampung Bahari Nusantara di Desa Kapal Merah, Kecamatan Nibung Hangus, Kabupaten Batu Bara, Selasa (27/6/ 2023).

Bintahwilmar merupakan kegiatan Pembinaan Potensi Maritim, pada hakikatnya dilaksanakan dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut yang meliputi Potensi Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial.

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, S.E., D.W.C., mengatakan bahwa TNI Angkatan Laut tidak hanya mampu melaksanakan fungsi-fungsi sebagai Pangkalan TNI AL, tetapi juga harus mampu untuk berkolaborasi bersama masyarakat pesisir, pengguna jasa laut dan pemerintah daerah setempat untuk dapat mengembangkan potensi maritim yang unggul sesuai budaya dan kearifan lokal setempat.

Kegiatan Bintahwilmar di Desa Kapal Merah yang dihadiri FKPD dan instansi terkait diisi dengan Sosialisasi Budidaya Udang Vaname, Ikan Lele, Budidaya Unggas dan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, dilanjutkan praktek pembuatan telur asin dari telur bebek.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian bibit hewan ternak berupa Bebek 80 ekor dibagi kepada 4 desa, masing-masing desa 20 ekor bebek, Ikan Lele 1.600 ekor dibagi 4 desa masing-masing desa 400 bibit ikan lele, Udang Vaname 8.000 ekor dibagi 4 desa masing-masing desa 2.000 ekor bibit Udang Vaname.

Untuk memeriahkan Bintahwilmar Lanal TBA menggelar Perlombaan Cerdas Cermat antar Desa dengan hadiah utama 3 buah sepeda dan hadiah hiburan.

(Pen Lanal TBA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *