Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menggelar turnamen internal

oleh -20 views

Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menggelar turnamen internal di tengah masa kenormalan baru di lokasi pelatnas karena para atlet membutuhkan wadah untuk bertanding. Sejak pandemi Covid-19, banyak turnamen event internasional yang ditunda maupun dibatalkan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti mengatakan ajang bertajuk Mola TV PBSI Home Tournament itu mulai digelar Rabu-Jumat (24-26/6) di markas PBSI di Cipayung, Jakarta. Ajang ini hanya diikuti atlet yang mengikuti program pemusatan latihan nasional.

“Saya berharap kompetisi ini bisa memacu semangat para atlet serta menjadi ajang latihan dan persiapan mereka jelang rangkaian turnamen yang diagendakan mulai Agustus 2020 mendatang. Kami banyak dapat masukan dari atlet dan pelatih, banyak pertandingan mundur, ada yang batal, jadi memang anak-anak sudah jenuh latihan terus tanpa tanding. Kalau ada pertandingan seperti ini kan mereka lebih semangat, latihan jadi ada tujuannya yaitu berkompetisi,” kata Susy dalam keterangan resmi PBSI, Selasa (23/6/2020).

Ajang ini dinilai bermanfaat untuk mereka mempersiapkan diri jelang turnamen nanti agar nantinya tidak terlalu kaget. Para atlet bisa melatih fokus dan bisa mendapat hawa kompetisinya.

Pertandingan dibuka dengan pertandingan sektor ganda putra pada Rabu (24/6/2020). Menariknya sebanyak 6 pasang ganda putra akan saling berhadapan satu sama lain dan mereka tidak akan berpasangan dengan pasangan tetap, tetapi pasangan dipilih berdasarkan hasil undian.

Susy mengungkapkan bahwa pertandingan akan lebih seru jika kekuatan 3 ganda putra utama dipisah. Tiga ganda putra terbaik Indonesia saat ini adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ketiga pasangan ini akan bermain dengan pasangan yang berbeda-beda.

“Pasangan dipisah memang pertimbangan dari pelatih, karena kekuatan ganda putra kan ada di tiga pasangan ini. Kami juga mau bantu pemain pelapis untuk menambah pengalaman mereka, yang senior juga bisa ‘gendong’ yang lebih muda. Pertandingan juga jadi lebih seru, suasananya beda dari biasanya,” jelas Susy.

728×90 Leaderbord

Dalam turnamen internal ini Kevin akan berpasangan dengan Moh. Reza Pahlevi Isfahani, sedangkan Marcus bersama Muhammad Shohibul Fikri. Hendra yang biasa berpasangan dengan Ahsan, kali ini juga dipisah sementara, Hendra akan bermain dengan Pramudya Kusumawardana Riyanto, dan Ahsan bersama Juara Dunia Junior 2019, Leo Rolly Carnando.

Pasangan main Leo, Daniel Marthin, akan berduet dengan Rian. Sedangkan Fajar, pasangan tetap Rian, akan dipasangkan dengan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

“Kalau pasangannya nggak dipecah, kekuatannya kurang merata. Ini bagus untuk pemain muda, mereka dapat pengalaman main sama yang senior. Pemain senior juga bisa belajar bagaimana membimbing pemain yang lebih muda,” komentar Hendra.

“Turnamen ini banyak manfaatnya buat atlet, supaya kami bisa merasakan lagi atmosfer pertandingan. Sudah lama kami nggak tanding, pasti hawa bertandingnya mulai hilang. Selain itu, turnamen internal ini bisa menghilangkan rasa jenuh juga,” lanjut Hendra.

Sekjen PP PBSI, Achmad Budiharto menuturkan ada dua alasan menggabungkan pemain senior dan junior. Pertama untuk mengetahui sejauh mana kesiapan pemain senior (tiga ganda terbaik Indonesia). Sedangkan untuk junior agar bisa meningkatkan kualitasnya. Diakui kalau tidak mixed senior junior tidak seimbang kekuatannya.

“Keenam pasangan ini ditetapkan berdasarkan undian. Kami pecah tiga pasangan terbaik kemudian kami undi dapat siapa pasangan juniornya. Kami akan gunakan sistem setengah kompetisi. Semua pasangan saling bertemu dan langsung dilihat peringkat. Jadi tidak ada partai final,” jelas dia.

PBSI Home Tournament akan mempertandingkan satu sektor dalam tiap pekannya, pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat. Tim ganda putra akan membuka kompetisi ini pada 24-26 Juni. Sebanyak enam pasang akan bertarung dengan format setengah kompetisi dan akan ada hadiah juga bagi para pemenang.

Kejuaraan ini akan diselenggarakan layaknya kejuaraan resmi, lengkap dengan referee, wasit, hakim servis, hakim garis, serta team match control. Home tournament akan disiarkan secara langsung eksklusif oleh Mola TV sehingga dapat dinikmati oleh para pecinta bulutangkis.

Pertandingan akan dilangsungkan dua sesi setiap harinya. Sesi pertama dimulai pada pagi hari pukul 08.30 WIB. Sedangkan sesi sore akan berlangsung pada pukul 15.00. WIB.