Pertanyaan itu biasanya menyangkut hal yang umum atau hal pribadi. Salah satunya adalah pertanyaan: kapan nikah?.

Pertanyaan itu biasanya menyangkut hal yang umum atau hal pribadi. Salah satunya adalah pertanyaan: kapan nikah?.

Tips72 Dilihat

Ketika momen berkumpul dengan keluarga saat Idulfitri tentunya banyak pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh keluarga. Pertanyaan itu biasanya menyangkut hal yang umum atau hal pribadi. Salah satunya adalah pertanyaan: kapan nikah?.

Pertanyaan ini biasanya ditujukan bagi seseorang yang masih lajang atau belum menikah. Dalam menanggapi pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti berikut ini.

1. Alihkan topik lain
Ketika kumpul dengan keluarga dan merasa jika arah pembicaraan mulai menuju kepada pertanyaan kapan nikah, Anda bisa mengalihkan topik sebelum arah pembicaraan sudah terlalu jauh.

Mengalihkan pembicaraan ke topik lain saat ditanya tentang kapan akan menikah adalah cara yang efektif untuk menghindari situasi yang canggung.

2. Berikan senyum
Untuk menghadapi pertanyaan kapan menikah, Anda bisa memberikan senyuman dan mengangguk. Tunjukkan kenyamanan dan rasa bahagia Anda dalam menjalankan kehidupan ini dengan tersenyum. Langkah ini juga dapat membantu menjaga suasana agar tidak canggung dan tegang.

3. Meminta doa terbaik
Anda juga bisa menjawab dengan permintaan doa untuk mendoakan yang terbaik pada diri Anda seperti “Doakan saja akan secepatnya ya” atau “Doakan saja, semoga dilancarkan oleh Allah Swt”.

4. Ajukan pertanyaan balik
Anda bisa mengembalikan pertanyaan yang diajukan, seperti menanyakan keadaan keluarga atau kehidupan pribadi orang lain yang bertanya. Misalnya saja, menanyakan kapan untuk menambah momongan atau tentang kondisi keluarganya.

5. Menjawab dengan bijak
Berikan tanggapan singkat dan bijak, seperti “Saya masih menikmati masa lajang saya saat ini” atau “Ketika waktunya tepat, pasti akan datang”. Jawaban tersebut menunjukkan Anda baik-baik saja dengan kehidupan saat ini.

6. Menjawab dengan candaan
Anda juga bisa menghadapi pertanyaan kapan nikah dengan menyelipkan candaan untuk memberikan jawaban yang tidak serius, seperti “Hmm, mungkin ketika sudah menemukan seseorang yang bisa bersaing menghabiskan makanan Lebaran”.

7.  Menetapkan batasan
Jika Anda merasa pertanyaan ini menuju kepada ranah pribadi, Anda bisa menjawab dengan pernyataan bahwa Anda tidak nyaman dengan pertanyaan tersebut.

Tenangkan diri Anda untuk bersabar dan tidak terlalu terganggu oleh pertanyaan tersebut. Bahkan jangan sampai diambil hati karena akan berujung membuat Anda stres.