Perwira Siswa Kodiklatal Dapatkan Pembekalan Wawasan Kebangsaan dari Maulana Al Habib Lutfi Bin Yahya

oleh -63 views

 

Kodiklatal Surabaya, 3 Juni 2021,Sebanyak 231 Perwira Siswa (Pasis) yang sedang menempuh pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) mendapatkan pembekalan wawasan kebangsaan dari Maulana Al Habib Lutfi Bin Yahya. Adapun pembekalan tersebut dilaksanakan di Gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Kamis, (3/6/2021).

Ke 231 pasis ini terdiri siswa Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) dan siswa Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikpespa) yang saat ini menempuh pendidikan di tiga Kodik meliputi Kodikopsla, Kodikmar dan Kodikdukum.

Turut hadir dalam pembekalan tersebut Dankormar Mayjen TNI (MAR) Suhartono, M.Tr. Han, dan para pejabat Utama Kodiklatal antara lain Wadan Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal, para Direktur Kodiklatal dan para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal.

Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat datang Kodiklatal dan terima kasih atas perkenannya untuk memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada para Pasis yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Kodiklatal.

Menurutnya pembekalan wawasan kebangsaan ini sebagai upaya pemantapan pembinaan karakter dan jati diri prajurit TNI AL guna meningkatkan kualitas kebangsaan sehingga para perwira siswa memiliki kemampuan yang lebih dalam mengatasi berbagai permasalahan kebangsaan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas.

Lebih lanjut disampaikan bahwa perwira TNI AL wajib memiliki wawasan kebangsaan dan berideologi Pancasila dalam menjalankan peran sebagai aparatur negara bidang pertahanan yang bertugas menjaga kerukunan dan persatuan bangsa dengan lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah.

Sementara itu Maulana Al Habib Lutfi Bin Yahya dalam pembekalanya menyampaikan bahwa bangsa Indonesia adalah milik bersama baik TNI Polri, tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, pelajar, mahasiswa dan seluruh masyarakat dari berbagai golongan dan suku. Menurutnya untuk mengibarkan bendera merah putih ditahun 1945 para pendahulu pendiri bangsa ini disertai dengan tetesan dan cucuran darah.

Lebih lanjut disampaikan bahwa didalam merah putih ada tiga hal yang patut kita ketahui sebagai bangsa Indonesia, pertama adalah harga diri bangsa, kehormatan bangsa dan jatidiri bangsa. “Oleh sebab itu mari kita tanamkan kecintaan merah putih dan bangsa ini kepada semua masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Bagi para prajurit yang mempunyai wilayah teritorial tanamkan rasa nasional dengan mencintai bangsa Indonesia seutuhnya agar tidak terjadi perpecahan bangsa dimasa mendatang.” Jelas Habib Lutfi.

No More Posts Available.

No more pages to load.