Petugas gabungan dari TNI dan stakeholder terkait menemukan dan membawa bagian badan pesawat berupa mesin turbin

oleh -432 views

Petugas gabungan dari TNI dan stakeholder terkait menemukan dan membawa bagian badan pesawat berupa mesin turbin pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ke dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara pada Minggu (10/1/2021) malam.

Temuan mesin turbin ini sementara ini merupakan temuan bagian dari pesawat naas rute Jakarta – Pontianak yang paling besar secara ukuran atau dimensi dibandingkan bagian serpihan badan pesawat sejak operasi pencarian petugas gabungan pada Sabtu (9/1/2021) kemarin.

Adalah KRI Cucut yang membawa mesin turbin pada pukul 22.10 WIB di dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. “Turbin ini ditemukan di sekitar KRI Rigel dengan sonar 3 dimensi,” ujar Komandan Mayor Laut Orri Ronsumbre.

Turbin tersebut diserahkan kepada Direktur Operasi Basarnas, Rasman selaku SAR Mission Coordinator (SMC) untuk kemudian dibawa dan diserahkan semua ke kantor KNKT di Jakarta Pusat untuk penyelidikan lebih lanjut.

Sebelumnya, KRI Tjiptadi dengan Komandan Letkol Laut Ricky Intriadi merapat ke Posko JICT 2, Minggu (10/1/2021) sekitar pukul 18.15 WIB.

“Kami menyerahkan 15 puing pesawat dan 5 potong pakaian yang berhasil ditemukan oleh tim penyelam gabungan dari Angkatan Laut,” ujar Ricky.

Selang 30 menit, merapat tim SAR dari KN Gelatik dari KPLP yang dipimpin Kapten Satriaji Yudha. “Kami berhasil menemukan passanger seat dan body part korban yang masih memgenakan baju warna kuning di sekitar arah tenggara Pulau Umtung Jawa,” kata Satriaji.

728×90 Leaderbord

Sekitar pukul 19.40, merapat lagi Rigid Inflatable Boat (RIB) 02 Banten yang dipimpin Margono, rescuer dari Kantor SAR Banten. Pihaknya menyerahkan 6 kantung berisi body part korban.

Sebagaimana diketahui Direktur Operasi Basarnas, Rasman MS dan Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito menyebutkan tim gabungan akan tetap beroperasi 24 jam dengan kedatangan kapal membawa bagian pesawat ataupun jenazah penumpang meski tim penyelam sudah tidak efektif menyelam pada pukul 17.00 WIB.

Kegiatan penyelaman oleh penyelam direncanakan akan kembali dimulai pada Senin (11/1/2021) pukul 07.00 WIB besok.