Pintu Air Situ Parigi Pondok Aren Jebol Apakah Ini Kelalaian Kontraktor Ataukah Murni Akibat Bencana Alam?

oleh -48 views

 

Tangerang Selatan – Dampak hujan dengan intensitas sedang hingga deras mengguyur di beberapa wilayah mengakibatkan Pintu air Setu Parigi yang berada di Kelurahan Parigi lama Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan akhirnya jebol.

Penjaga pintu air Setu Parigi Abdul Choir (Abaw) menjelaskan, “Peristiwa itu terjadi pada hari Selasa, pukul 18.30 Wib (15/09/2020) saat hujan turun airnya cukup deras, sehingga pintu air dilokasi bendungan yang sedang diperbaiki roboh terdorong air, “ungkapnya, Rabu (16/09/2020).

Walaupun tidak ada korban jiwa, namun masyarakat khawatir bila tidak segera ditangani, akan berdampak luas. Pasalnya memasuki musim penghujan air kiriman yang mengalir ke Setu Parigi tidak terkendali.

Dikatakan salah satu pemilik empang Jaelani, “Jebolnya pintu air, apabila tidak segera di antipasi akan berimbas kepada pemilik kolam dan para petani, yang membutuhkan air, “ucapnya.

Diketahui bahwa, proyek revitalisasi Situ Parigi merupakan program Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal SDA Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS- CC) menelan biaya senilai hampir 6 milyar dari APBN tahun 2020.

Jebolnya pintu air di lokasi yang sedang dilaksanakan pekerjaan menurut tokoh masyarakat H.Sadeli, peristiwa itu, bukan musibah tapi merupakan kelalaian secara tehnis oleh pelaksana

728×90 Leaderbord

“Dari pengalaman, kondisi Situ Parigi, biasa bila hujan lebat dan kiriman dari daerah Bogor debit cukup tinggi, seharusnya pihak pelaksana (kontraktor) terlebih dahulu membuat sodetan di lokasi dekat pimtu yang sedang dikerjakan, sehingga debit aliran air bisa dikendalikan” ujar Sadeli.

Sementara itu, Koordinator wartawan yang tergabung dalam komunitas ‘ Tim Jaguar’ Uthe SBC mencoba mengkonfirmasi kepada pihak kontraktor, namun amat di sesalkan pihak pelaksana dari CV Bangun Cipta Rejeki selaku kontraktor belum bisa di di jumpai umtuk di konfirmasi, terkait peristiwa tersebut.

“Saat kita mau konfirmasi menemui kontraktor pelaksana Oky Rianto selaku Site Manager, hanya bisa melalu by thelephone, dimana beliau mengatakan kalau jebolnya bendungan pintu air tersebut dikarenakan derasnya aliran air hujan yang mengalir dan itu merupakan akibat bencana alam” ujar Oky Rianto saat di Konfirmasi Via Telephon.

Proyek normalisasi dan revitalisasi Situ Parigi ini bisa juga disebut proyek strategis nasional, yang dibiayai Oleh APBN Pemerintah dengan nilai 5,5 Milyard, pihak kontraktor harusnya bisa melakukan pekerjaan dengan maksimal, serta dapat mengatisipasi segala hal sesuatu yang bakalan terjadi.

Seperti yang dikatakan oleh tokoh masyarakat H. Sadeli memang ada benarnya harusnya pihak pelaksana terlebih dahulu membuat sodetan di lokasi yang sedang dikerjakan, Dalam hal ini jadi Proyek normalisasi dan revitalisasi ini, harus dikerjakan sebaik-baiknya jangan asal-asalan seperti yang sudah sudah, ” tandas Uthe.rilis