Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan sering dikonsumsi di seluruh dunia

Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan sering dikonsumsi di seluruh dunia

Resep41 Dilihat

Pisang adalah salah satu buah yang paling populer dan sering dikonsumsi di seluruh dunia. Buah ini memiliki rasa manis yang lezat dan kaya akan nutrisi. Namun, memilih pisang yang matang sempurna bisa menjadi sedikit rumit.

Beberapa pisang mungkin terlalu matang, sementara yang lain masih belum cukup matang. Untuk membantu dalam memilih pisang yang matang sempurna kamu perlu melakukan beberapa tips. Sahabat Fimela, berikut adalah 5 cara yang dapat digunakan.

1.Perhatikan Warna Kulit Pisang

Warna kulit pisang adalah petunjuk penting untuk mengetahui tingkat kematangan buah ini. Pisang yang matang sempurna biasanya memiliki warna kuning cerah dan merata di seluruh kulitnya. Hindari memilih pisang dengan bercak cokelat atau hitam pada kulitnya, karena ini menandakan bahwa pisang tersebut sudah terlalu matang.

2. Sentuh Pisang dengan Lembut

Cara lain untuk memeriksa kematangan pisang adalah dengan merasakan tekstur kulitnya. Sentuh pisang dengan lembut menggunakan ujung jari. Pisang yang matang sempurna biasanya memiliki kulit yang sedikit lembut dan tidak terlalu keras. Jika kulitnya terlalu keras, itu berarti pisang masih belum cukup matang. Sebaliknya, jika kulitnya terlalu lembut atau bahkan berlendir, itu menandakan bahwa pisang sudah terlalu matang.

3. Periksa Batang Pisang

Batang pisang juga dapat memberikan petunjuk tentang tingkat kematangan buah ini. Jika batang pisang masih berwarna hijau atau agak kehijauan, itu menandakan bahwa pisang masih belum cukup matang. Namun, jika batang pisang sudah berwarna kuning, itu berarti pisang sudah matang dengan baik. Hindari memilih pisang dengan batang yang terlihat cokelat atau berlendir, karena ini menandakan bahwa pisang sudah terlalu matang.

4. Perhatikan Aroma Pisang

Aroma juga merupakan petunjuk penting dalam memilih pisang yang matang sempurna. Pisang yang matang biasanya memiliki aroma yang manis dan khas. Jika pisang tidak memiliki aroma sama sekali, itu berarti pisang masih belum cukup matang. Namun, jika pisang memiliki aroma yang terlalu kuat atau bahkan berbau busuk, itu menandakan bahwa pisang sudah terlalu matang atau bahkan sudah membusuk.

5. Coba Rasakan Pisang

Cara terakhir untuk memeriksa kematangan pisang adalah dengan mencobanya. Ambil pisang dari tumpukan dan coba gigit atau kunyah sedikit bagian dari pisang tersebut. Pisang yang matang sempurna biasanya memiliki tekstur yang lembut dan daging yang manis. Jika pisang terasa keras atau pahit, itu berarti pisang masih belum cukup matang. Namun, jika pisang terasa terlalu lembut atau bahkan terasa busuk, itu menandakan bahwa pisang sudah terlalu matang.