Pj Gubernur Banten Al Muktabar Hadiri Penanaman Mangrove Serentak

Banten439 Dilihat

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar ikut menghadiri acara Penanaman Mangrove Serentak di 37 Provinsi dengan 370 titik yang dilaksanakan secara hybrid oleh TNI. Penanaman dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo dari Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara, Senin (15/5/2023).

Di Provinsi Banten, kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Lontar, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang. Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolda Banten Irjen. Pol. Rudy Heriyanto Adi Nugroho bersama jajaran, Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif, Kasrem Komando Resor Militer 064/Maulana Yusuf Kolonel Inf. Nurkhan, Kasi Penkum Kejati Banten Ivan Hebron Siahaan, serta unsur Forkopimda Provinsi Banten dan Kabupaten Serang.

Al Muktabar mengungkapkan, menjaga stabilitas alam itu sangat penting dilakukan oleh umat manusia, apalagi alam banyak memberikan kemanfaatan bagi keberlangsungan hidup manusia.

“Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk bersahabat dengan alam, menjaga harmonisasi antar keduanya. salah satunya dengan melakukan penanaman mangrove ini,” kata Al Muktabar.

Menurut Al Muktabar, dengan menanam mangrove, akan banyak ekosistem kehidupan yang terus terjaga dengan baik. Karena di dalam mangrove itu akan hidup berbagai jenis hewan yang saling berkaitan.

“Di samping tentunya juga untuk menjaga alam ini dari ancaman abrasi yang sangat membahayakan kehidupan manusia dalam jangka panjang,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Al Muktabar, dengan penanaman mangrove ini ia berharap kondisi alam ini akan semakin baik dan terus bersahabat. Kemudian yang tak kalah penting, mangrove ini merupakan tanaman langka yang manfaatnya sangat besar.

Maka dari itu, Al Muktabar menyampaikan apa yang dipesankan oleh Presiden Jokowi agar kita semua tidak hanya melakukan penanaman saja,tetapi juga harus dilakukan perawatan agar mangrove ini benar-benar hidup.

“Jangan sampai hidupnya hanya pada saat ditanam,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten yang juga Plt Kepala Diskominfo Provinsi Banten Nana Suryana mengamini apa yang diungkapkan oleh PJ Gubernur Banten Al Muktabar. Menurutnya, fungsi dan manfaat pohon mangrove itu sangat besar sekali dalam mencegah terjadinya banjir karena rob.

“Mangrove ini bisa menjadi penghalau atau menjaga kita dari bahaya banjir,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan seperti ini harus terus digiatkan agar kondisi pesisir semakin terjaga dari ancaman abrasi. “Oleh karenanya kita harus bisa benar-benar merawat apa yang sudah kita tanam ini,” ucapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *