PLN di Putaran Elite

0 391

Pangkoarmada I Pimpin Gelar Pasukan Latihan Operasi Laut Gabungan Koarmada I Tahun 2019

DNEWSRADIO.COM – Belum lama ini, kita mendengar berita politisi Golkar, Eni Maulani Saragih, Idrus Marham, dan konglomerat Johannes Budisutrisno Kotjo di tangkap KPK karena kasus suap proyek PLTU Riau-1 di Provinsi Riau. Kasus ini menyeret juga Dirut PLN Sofyan Basir. Bukan itu saja, Sofyan Basir juga terkena kasus lain dalam kontrak Leasing Marine Vessel Power Plant (LMVPP).

Itu suatu fakta bahwa putaran elit disekitar bisnis setrum ini tidak mudah diberantas. Ini sudah terjadi sejak era Orde Baru. Contoh kasus Mega Proyek PLTU Paiton di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. PLTU yang berkapasitas 4.600 MW itu dibangun era Soeharto. Berdasarkan hasil audit BPK terbukti mark-up terhadap capital cost sebesar 48 persen dari seluruh nilai proyek yang sebesar Rp 7,015 triliun.

Bukan hanya mark up tetapi PLTU Paiton dipaksa dalam kontrak membeli batubara kepada PT Batu Hitam Perkasa, yang berpotensi merugikan negara triliunan. Cukup?
Ada lagi, harga PPA ditetapkan kemahalan yang harus dibayar PLN dan keharusan PLN menanggung biaya beban yang tidak terpakai. Singkatnya, pakai tidak pakai ya bayar.

Sampai kini kasus itu tidak pernah tuntas. Maklum proyek PLTU itu digagas oleh Hashim Djoyohadikusumo dan Prabowo melalui PT Batu Hitam Perkasa (BHP) , yang bermitra dengan Paiton Energy, International Power Plc, Mitsui and Co. Ltd dan The Tokyo Electric Power Company Inc. Walau saham BHP hanya 5% namun mereka sudah kaya diawal waktu membangun lewat mark up dan ditambah lagi dapat hak monopoli supply batubara dengan harga tinggi.

Tahun 2015 saham BHP, dilepas ke PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), yang merupakan perusahaan milik Sandiaga Uno. Namun 2017, ketika Sandi masuk dalam ring 1 Partai Gerindra, Paiton Energy melepas obligasi yang ditawarkan dalam dua tahap: kontrak berjangka waktu 13 tahun sebesar US$ 1,2 miliar yang jatuh tempo pada 10 Agustus 2030 dan tenor 20 tahun senilai US$ 800 juta yang jatuh tempo pada 10 Agustus 2037. Semua dibeli oleh investor. Tahun 2018 Saratoga menjual BHP kepada PT Toba Bara Sejahtera Tbk (TOBA) dan PT Toba Bara Energi, yang dimiliki oleh Luhut Binsar Panjaitan.

Apakah Sandi keluar dari Paiton Energy ? Tidak. Dia bersembunyi di Minajesa Capital BV (perusahaan cangkang) yang bertindak sebagai wakil konsorsium investor untuk Paiton Energy dalam rangka penerbitan obligasi ( global Bond). Jadi praktis walau BHP tidak lagi dikuasainya tapi dia berkuasa atas semua Paiton Energy lewat skema hutang. Dengan begitu dia bersih dari kasus mega skandal Paiton. Tentu menyelamatkan Hashim dan PS. Sampai sekarang kasus Paiton tidak pernah tuntas dan terhenti tanpa kejelasan.

Saya tahu Jokowi telah berusaha keras membongkar kasus yang merugikan PLN akibat rezim masa lalu. Saya pernah liat photo Jokowi berwajah sedih melihat proyek yang mangkrak era SBY, padahal itu proyek hutang negara. Itu menyiratkan betapa dahsyatnya kerugian negara terhadap mafia setrum ini.

Jokowi perintahkan kepada kabinetnya untuk merenegosiasi sejumlah 27 Kontrak Listrik Swasta era Orde Baru. Tetapi di setiap tahapan negosiasi terdapat klausul stranded cost yang harus dibayarkan disetiap selesainya negosiasi. Yang bila dihitung akhirnya sama saja dengan tidak dinegosiasi. Mengapa? Karena dalam kontrak PPA sudah disiapkan jebakan itu. Kalau maju ke arbitrase , pasti pemerintah kalah.

Sementara DPR memaksa agar program Proyek 35.000 MW tetap harus jalan. Apapun ongkosnya. Apa yang terjadi sekarang? Terjadi over supply sebesar 22.500 MW. Bayangkan kapasitas sebesar ltu yang tidak terpakai, tetap dibayar listriknya sebesar 70% setiap harinya (karena Take or Pay Clause dalam PPA ) berapa triliun rupiah pertahun in effisiensi dari Proyek 35.000 MW ini? Ini harus jadi PR Jokowi.

Itu sebabnya Partai berlomba lomba inginkan jatah pimpinan DPR dan anggota Kabinet, dan ingin berkoalisi dengan alasan rekonsiliasi. Lawan!, Pak Jokowi. Periode kedua ini, bapak tidak perlu kawatirkan apapun. Jabatan ini terakhir dan harus mencatat sejarah bahwa bapak satu satunya presiden yang bisa membersihkan PLN dari putaran elite rakus.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ