Plt Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto menerangkan terkait durasi penanganan genangan dan banjir di Jakarta

oleh -302 views

Plt Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto menerangkan terkait durasi penanganan genangan dan banjir di Jakarta. Durasi ini memang menjadi salah satu target penanganan dari Gubernur DKI Anies Baswedan, yakni surut dalam waktu 6 jam.

“Pemprov DKI Jakarta berupaya menuntaskan genangan dan banjir dalam kurun waktu 6 jam,” ujar Sabdo dalam keterangannya, Jumat (19/2/2021).

Akan tetapi, Sabdo menjelaskan, durasi 6 jam tersebut dihitung sejak hujan berhenti dan tidak ada lagi luapan kali atau saluran.

“Mulai dihitungnya seperti itu, sejak tidak ada lagi luapan dan hujan juga sudah berhenti. Jika masih ada luapan dari kali atau saluran, maka tidak bisa juga untuk mengaliri air,” kata Sabdo.

Oleh karena itu, menurut Sabdo, saat ini masih ada sejumlah daerah yang tergenang air sebagai dampak luapan PHB dan kali. Sabdo mencontohkan sejumlah RW di Jakarta Timur yang terendam banjir, karena luapan PHB Sulaiman dan Kali Sunter.

“Jakarta Timur, genangan juga disebabkan luapan PHB Sulaiman dan Kali Sunter, meliputi 9 Kelurahan, terdiri atas 31 RW dan 96 RT, serta sebanyak 182 KK atau 694 orang masih mengungsi,” ujar Sabdo.

728×90 Leaderbord