Prajurit Kodikmar Kodiklatal Lattek Menembak Dopper di Puslatpur Baluran

oleh -341 views

 

Baluran Situbondo, 4 Februari 2021Sebanyak 17 Prajurit Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang tergabung dalam Kursus Pelatih Dopper (Sustih Dopper) Angkatan ke-5 TA. 2020 melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) menembak Dopper di Puslatpur Baluran Situbondo, Kamis (4/2/2021)

Adapun ketua penyelenggara Kursus Pelatih Dopper Angkatan ke-5 tersebut adalah Letkol Marinir Rino Rianto yang juga Komandan Pusat Pendidikan Infanteri (Danpusdikif) Kodikmar Kodiklatal.

Disela-sela Lattek menembak Danpusdikif Kodikmar Letkol Marinir Rino Rianto menyampaikan bahwa Dopper adalah penembakan senjata laras panjang dengan menggunakan peluru tajam yang sasarannya samping kanan kiri dan depan siswa yang tengah melaksanakan perembesan Pendidikan Komando
.
Menurutnya karena menggunakan peluru tajam, pelatih penembak Dopper ini harus memiliki kemampuan penembak jitu, kepercayaan diri, keberanian, kecermatan dan akurasi tinggi dalam melaksanakan tugas penembakan sehingga dalam menembak tersebut tidak mengenai siswa,

Adapun materi yang diajarkan dalam kursus pelatih dopper antara lain dasar-dasar kepelatihan meliputi pengetahuan keamanan latihan, pengenalan alat instruksi dan alat penong instruksi, rencana lapangan dan psikologi militer. Sedangkan materi pokok kesenjataan antara lain tehnik senjata, teknik menembak, teknik bertempur perorangan serta pengetahuan bahan peledak.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kursus ini diharapkan personil peserta kursus memiliki kepercayaan diri dan keberanian dalam melaksanakan tugas sebagai pelatih penembak Dopper, mampu merencanakan, menyiapkan latihan dan medan latihan Dopper dan mampu melaksanakan tindakan keamanan.

Kursus menembak Dopper ini merupakan pelaksanaan dari perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI Angkatan laut yang unggul dan profesional serta tangguh mengadapi segala ancaman.

728×90 Leaderbord