PRAJURIT KOLINLAMIL BERLATIH BONGKAR PASANG SENJATA

oleh -101 views

 

Jakarta, 25 November 2020, Satya Wira Jala Dharma. Prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti latihan bongkar pasang senjata di lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (25/11)
Komandan Detasemen Markas (Dandenmako) Kolinlamil Kolonel Laut (P) Saekhul Anwar memimpin latihan.
Komandan Denmako mengatakan kegiatan bongkar pasang senjata adalah kegiatan rutin yang digelar untuk meningkatkan kemampuan,keterampilan dan ketangkasan prajurit.
Latihan ini bertujuan agar prajurit memiliki kemampuan secara cepat, tepat dalam membongkar dan memasang komponen-komponen senjata.
“Para prajurit harus secara rutin berlatih bongkar pasang senjata, karena bukan tidak mungkin pada saat penugasan ada prajurit yang menemui kendala dalam penggunaan senjata,” kata Dandenmako Kolinlamil.
“Oleh karena itu prajurit harus cekatan dan terampil dalam menangani kendala senjata tersebut,”tambahnya.
Sebelum latihan, pelatih dari Staf Operasi Detasemen Markas (Denma) Peltu SAA Haryoto memberikan ulasan tentang, anatomi dan teknis pelaksanaan bongkar senjata.
Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) yang turut memantau Latihan ini mengatakan latihan bongkar pasang senjata berguna meningkatkan kemampuan setiap prajurit dalam kesiapsiagaan. Hal ini sejalan dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan professional serta tangguh dalam menghadapi berbagai ancaman.
“Prajurit Kolinlamil tidak hanya mahir menembak, namun harus terampil saat melakukan bongkar pasangnya baik senjata laras panjang jenis SS-1 maupun senjata pistol jenis SIG Sauer dan FN” ujarnya.
Namun, harus diasah lagi supaya terjaga kemampuannya dan lebih mahir lagi.
Selain meningkatkan kemampuan prajurit, latihan bongkar pasang senjata juga bermanfaat untuk membersihkan senjata dan mempersiapkan senjata mereka untuk bisa digunakan kapanpun.(Dispen Kolinlamil).