PRAJURIT KOLINLAMIL LATIHAN PERTAHANAN PANGKALAN

oleh -78 views

 

Jakarta, 24 Juni 2021,Satya Wira Jala Dharma. Prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan latihan pertahanan pangkalan untuk mengantisipasi ancaman serangan terhadap pangkalan yang dapat membahayakan markas. Latihan digelar di Lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (24/6).

Latihan Pertahanan Pangkalan triwulan II tahun 2018 ini dipimpin Komandan Detasemen Markas Kolinlamil Kolonel Laut (P) Saekhul Anwar.

Latihan yang diikuti 110 orang prajurit terdiri dari 100 orang pelaku latihan, 5 orang pelatih dan 5 orang tim pendukung, Staf maupun unsur KRI berlangsung selama 3 hari mulai 21 hingga 23 Juni 2021.

Komandan Denmako Kolinlamil mengatakan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit staf dan unsur baik perorangan maupun tim (Kesatuan) dalam berkoordinasi secara terpadu antara unsur dan pendirat untuk menanggulangi bahaya ancaman, gangguan, hambatan serta lawan sabotase.

Selain itu, latihan pertahanan pangkalan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada anggota staf dan unsur tentang pertahanan pangkalan, peran penanggulangan sabotase, penindakan huru hara dan latihan peran kebakaran.

“Latihan-latihan ini juga sebagai langkah anstisipasi penyelamatan obyek vital yang akan dapat mengancam pertahanan pangkalan TNI Angkatan Laut khususnya di Mako Kolinlamil”, ujar Komandan Denmako.

Sejalan dengan kegiatan latihan tersebut, latihan ini juga dalam rangka kesiapan Prajurit Kolinlamil dalam mendukung antisipasi gangguan keamanan diwilayah Jakarta khususnya Jakarta Utara dan obyek vital nasional pelabuhan Tanjung Priok membantu pihak kepolisian.

“Hal ini untuk membantu aparat kepolisian bila sewaktu-waktu dibutuhkan dan ada perintah dari komando atas untuk membantu menghadapi ancaman huru hara ataupun gangguan keamanan di wilayah obyek vital nasional pelabuhan Tanjung Priok”, kata Kolonel Laut (P) Saekhul Anwar.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah menegaskan meski TNI dan Polri berbeda dalam struktur organisasi, namun dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing keduanya bekerjasama dan saling mendukung dalam suatu “Sistem Pertahanan dan keamanan rakyat semesta”.

“Utamakan zero accident baik perorangan maupun tim, dan laksanakan latihan secara sungguh-sungguh untuk peningkatan profesionalisme sebagai prajurit matra laut” ujar Panglima Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.