Prajurit Pos TNI AL Lampulo Bersama Tim SAR Gabungan Kembali Evakuasi Crew Kapal Asing Yang Sakit di Perairan Selat Benggala Aceh

Daerah444 Dilihat

 

TNI AL, Sabang,- Prajurit Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Lampulo jajaran Lanal Sabang bersama Tim SAR Gabungan kembali Medevac/Evakuasi 1 (satu) Crew Kapal Asing yang mengalami sakit saat melintas di Perairan Selat Benggala, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Senin (20/06/2023).

Kejadian berawal saat Kapal MV. Racine berbendera Malta melaksanakan pelayaran dari Port Klang (Malaysia) tujuan Suez Canal (Mesir) melintas di Perairan Selat Benggala Kabupaten Aceh Besar. Salah satu Crewnya atas nama Mohamed Othman, Warga Negara Tanzania, umur 51 tahun, mengalami gejala stroke ringan sehingga pihak agen kapal menghubungi Basarnas Banda Aceh meminta bantuan evakuasi untuk dilaksanakan penanganan medis lebih lanjut.

Mendapat informasi tersebut, Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas Banda Aceh, TNI AL Posal Lampulo Lanal Sabang, Imigrasi Banda Aceh, KPP (Kementrian Kelautan dan Perikanan) Banda Aceh, KPP (Kementrian Kelautan dan Perikanan) Malahayati, Polsek Ule Lheue, Syahbandar, Bea Cukai, RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia), dan Agen Kapal langsung bergerak dari Pelabuhan Ule Lheu menuju titik medevac dengan menggunakan Kapal KN. SAR Kresna-232.

Setibanya dititik medevac, Tim SAR Gabungan melakukan proses evakuasi terhadap Crew MV. Racine yang mengalami sakit dan hasil pemeriksaan dari Tim Kesehatan Karantina Banda Aceh bahwa ABK MV. Racine tersebut mengalami gejala sakit stroke ringan dan langsung dievakuasi menuju ke Pelabuhan Ulele Banda Aceh untuk selanjutnya dirujuk ke RSUD Zainal Abidin Banda Aceh untuk penanganan medis lebih lanjut.

Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr. Hanla., M.M., memberikan apresiasi kepada Prajurit Posal Lampulo dalam keterlibatannya bersama Tim SAR Gabungan melaksanakan evakuasi Crew Kapal Asing yang mengalami sakit di Perairan Selat Benggala.

Kegiatan ini selaras dengan instruksi dari Pimpinan TNI AL dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., yakni “Keberadaan Prajurit TNI AL harus memberikan manfaat bagi masyarakat dan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat yang membutuhkan”.

(Pen Lanal Sabang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *