Prajurit Satkat Koarmada II Gelar Latihan Manajemen Anjungan

oleh -469 views

 

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 25 Januari 2021.Guna menjaga dan meningkatkan profesionalisme prajurit Matra Laut sebagai pengawak alutsista Kapal Perang, Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada II yang diperkuat 10 (sepuluh) Unsur menggelar Latihan Manajemen Anjungan yang dibuka oleh Komandan Satuan (Dansatkat) Kolonel Laut (P) Rio Henrymuko bertempat di Aula Satkat Koarmada II Ujung Surabaya, pada Senin (25/1).

Dalam Latihan Manajemen Anjungan , materi yang akan disajikan meliputi Prosedur Komando Anjungan dan PIT, Komunikasi Taktis dan Administratif antara Anjungan dan PIT, PPTL, Pengenalan Perambuan, Raid Reporting, Mantak OGT dan Ploting Tempur.

Kolonel Rio mengatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas personel unsur-unsur Satkat Koarmada II dan kerja sama tim anjungan dan PIT dalam pengawakan kapal sesuai dengan fungsi azasinya, serta mampu bekerjasama dengan unsur-unsur kapal lain”, jelas Rio-sapaan karib Dansatkat Kormada II.

“Adapun sasarannya yakni agar terpeliharanya kemampuan personel tim anjungan dan tim PIT dalam bernavigasi, juga terbentuknya kerjasama tim anjungan dalam mengawaki kapal, yang tidak kalah pentingnya yaitu dapat membentuk sikap prajurit yang disiplin dalam mengawaki dan mengendalikan kapal saat melaksanakan tugas operasi dan Latihan”, ungkap Rio.

Pelaksanaan latihan yang rencananya akan dilaksanakan selama 3(tiga) hari dengan melibatkan 55 orang pelaku terdiri dari perwira korps Pelaut, Bintara Tamtama Tim anjungan dan PIT unsur Satkat Koarmada II , merupakan tindak lanjut dari Program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul. Acara pembukaan latihan berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna memutus mata rantai penularan Covid-19 sesuai penekanan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan.

728×90 Leaderbord