PRAJURIT SATLINLAMIL 1 JAKARTA BERLATIH PERAN HELIKOPTER

oleh -142 views

 

Jakarta, 29 April 2021,Satya Wira Jala Dharma. Sebanyak 35 prajurit Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta mengikuti latihan Heli deck party yang berlangsung di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (29/4).

Latihan peran helikopter yang on board di kapal perang ini biasanya mengambil lokasi di pangkalan udara Angkatan Laut Jakarta, namun dengan masih dalam masa wabah covid 19 maka latihan berlangsung di Mako Kolinlamil.

Dan latihan ini untuk melatih seorang prajurit menjadi Marshaller atau petugas yang memberikan komando kepada pilot helikopter, untuk memarkirkan heli secara sempurna saat akan mendarat maupun akan terbang dari geladak heli kapal perang atau KRI.

Pelaksanaan latihan dimulai Rabu (28/4) hingga Kamis (29/4) dengan materi yang diberikan kepada peserta latihan meliputi Prosedur Take Off dan Landing Heli di darat dan di Kapal pada siang hari dan malam hari, Prosedur Marshalling, Perlengkapan Marshaller dan Isyarat Marshaller (General Marshalling Signal), Prosedur komunikasi dan Cross Landing Procedure.

Saat briefing awal, Wakil Komandan Satlinlamil 1 Jakarta Letkol Laut (P) Hari Siswoyo yang mewakili Komandan Satlinlamil 1 Jakarta mengatakan Latihan Heli Deck Party bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan, kemampuan dan kerjasama prajurit dalam melaksanakan persiapan landing dan take off heli di KRI berjenis Landing Platform Dock Satlinlamil 1 Jakarta seperti KRI Banda Aceh 593.

“Sasaran dari latihan ini adalah prajurit Satlinlamil 1 Jakarta unsur dan staf diharapkan mampu memahami metode dasar prosedur heli deck party sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)“ jelas Wadan Satlinlamil 1 Jakarta.

Letkol Laut (P) Hari Siswoyo menekankan kepada seluruh peserta latihan untuk melaksanakan latihan secara sungguh-sungguh dan mematuhi protokol Kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah mengingatkan jajarannya agar selalu mengutamakan zero accident dalam melaksanakan latihan.

“Utamakan keamanan dan keselamatan personel dalam setiap melaksanakan latihan. Perhatikan standar operasi prosedur yang ada” tandas Panglima Kolinlamil.

Orang nomor satu di Kolinlamil ini juga menambahkan latihan ini memberikan manfaat pada saat melaksanakan tugas sehari-hari di kapal dan sejalan dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk penyiapan SDM TNI AL yang unggul.

“Keberadaan personel yang memiliki kemampuan heli deck party mutlak dibutuhkan, khususnya pada KRI yang memiliki Geladak Heli” ujar Laksda TNI Irvansyah. (Dispen Kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.