PRAJURIT SATLINLAMIL 3 MAKASSAR BERLATIH PEK ANTISIPASI BAHAYA KEBAKARAN

oleh -63 views

 

Jakarta, 13 Oktober 2021,Jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 Makassar melaksanakan latihan penanggulangan Bahaya kebakaran (PEK), di Mako Satlinlamil 3 Makassar, beberapa waktu yang lalu.

Latihan ini merupakan perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma untuk mengantisipasi kejadian dilingkungan TNI AL yang dapat menyebabkan bahaya kebakaran akibat kelalaian personel.

Latihan operasi matra laut triwulan III tahun 2021 ini, Satlinlamil 3 Makassar memprioritaskan latihan penanggulangan kebakaran untuk memberi pengetahuan dan ketrampilan kepada seluruh prajurit dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit agar mampu melaksanakan tugas penanggulangan kebakaran sesuai prosedur, baik perorangan maupun tim.
Sedangkan sasaran latihan adalah untuk menyegarkan kembali ilmu yang didapat selama bertugas dan lebih terampil menggunakan serta mengoperasikan alat pemadam kebakaran secara optimal dan profesional. Kegiatan yang telah berlangsung mulai 8 hingga 12 Oktober ini diikuti seluruh prajurit Satlinlamil 3 Makassar.

Komandan Satlinlamil 3 Makassar Kolonel Laut (P) Yulis Andreas Lorentinus menekankan pentingnya pelaksanaan latihan yang diselenggarakan ini agar seluruh Prajurit lebih tanggap, sigap dan profesional.

“Prajurit harus terus berlatih mengawaki peralatan penanggulangan kebakaran, agar selalu tanggap dan sigap apabila terjadi bahaya kebakaran” tandas alumni AAL 1998 ini.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma menekankan jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan kerja disatuannya masing-masing dari bahaya kebakaran.

“Prajurit Kolinlamil yang di Mako maupun satuan-satuan unsur KRI agar tingkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran terhadap aset-aset Kolinlamil di darat dan unsur KRI. Lingkungan kerja yang dikelilingi oleh material yang mudah terbakar dan meledak, harus kita waspadai serta kepedulian terhadap lingkungan” ujar Panglima Kolinlamil.

Selain itu setiap prajurit yang terlibat dalam organisasi PEK harus memahami tugas dan tanggung jawabnya, sehingga apabila terjadi kebakaran sudah siap dengan tugas dan fungsinya.
“Masing-masing harus mengetahui dan memahami apa yang harus diperbuat, tugas dan tanggungjawabnya harus terpatri dalam mindset setiap prajurit, unbtuk itu berlatihlah secara rutin” tutur Panglima menegaskan.

Latihan penanggulangan kebakaran ini meliputi teori dan praktek lapangan yang dilaksanakan di lapangan Mako Satlinlamil 3 Makassar dengan didukung instruktur dari tim Pemadam Kebakaran Lantamal VI Makassar.(Dispen Kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.