Prajurit Staf Mako Denmako Kodiklatal Laksanakan Samapta Persyaratan UKP

oleh -71 views

 

Kodiklatal Surabaya, 25 Oktober 2019.Bagi seorang prajurit yang akan melaksanakan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) kesegaran Jasmani merupakan sarat mutlak dalam persyaratan penilaiaan tersebut. Oleh sebab itu laksanakan setiap tahapan tes kesegaran Jasmani secara maksimal dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan.

Demikian disampaikan Pabanbdya Jasrek Ditum Kodiklatal Letkol Laut (KH) Slamet Basuki, S.Pd., M.Pd selaku penanggung jawab tes samapta UKP prajurit Staf Mako Denmako Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan Angkatan laut (Kodiklatal) di Lapangan Garjas Dewaruci Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Adapun prajurit Staf Mako Denmako Kodiklatal yang melaksanakan samapta tersebut terdiri prajurit strata Perwira, Bintara dan Tamtama. Selain itu juga terdapat anggota Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menurutnya sebelum melaksanakan kegiatan Samapta diawali dengan pengecekan personil yang akan melaksanakan tes samapta sebagai persyaratan UKP, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan mengukur tensi dan denyut nadi para peserta oleh petugas kesehatan dari Satuan Kesehatan Kodiklatal dan apabila ada prajurit yang kedapatan tensi tinggi untuk sementara waktu tidak melaksanakan tes samapta dan mengambil samapta di waktu lainya.

Dalam pelaksanaan tes kesegaran jasmani tersebut meliputi baterai A dan baterai B. Untuk baterai A lari dengan jarak tempuh 2400 meter, sedangkan baterai B meliputi pull up selama 1 menit, sit up selama 1 menit, push up selama 1 menit, lari shuttle run secepat-cepatnya dan diakhiri renang. Bagi anggota PNS tes Samapta hanya melaksanakan batere A yaitu lari 2.400 meter.

Untuk menentukan jumlah nilai samapta adalah jumlah dari nilai-nilai samapta baterai B dibagi 4. Dari nilai hasil keseluruhan tes kesegaran jasmani (samapta A+B) ini dibagi dua dan mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penilaian samapta UKP.

No More Posts Available.

No more pages to load.