Prajurit TNI AL Bersama Rakyat Bangun Pulau Soop Papua Barat

oleh -233 views

 

Prajurit TNI Angkatan Laut bersama rakyat membangun desa di pulau-pulau kecil wilayah Papua Barat, utamanya pulau yang sulit dijangkau transportasi umum. Seperti dilakukan di Pulau Soop, sejumlah prajurit TNI AL melaksanakan karya bakti selama tiga minggu memperbaiki sarana dan prasarana kampung.

Asisten Potensi Maritim Panglima Koarmada III, Kolonel Marinir Budiarso, S.E., mengatakan bahwa karya bakti prajurit TNI AL, dalam hal ini Koarmada III di Pulau Soop dimulai tanggal 16 Maret sampai dengan 8 April 2021. Saat ini, Jumat (19/3/2021) sedang memperbaiki jalan kampung bersama warga setempat.

Karya bakti Koarmada III ini diawali koordinasi perangkat kelurahan, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Babinpotmar. Selain itu juga koordinasi kepala sekolah, pengurus Gereja dan Masjid. Karya bakti bersama masyarakat setempat antara lain jalan desa, bangunan sekolah, bangunan Gereja, bangunan Masjid, tempat pendaratan helikopter, dan logistik wilayah.

“Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud sinergitas, kepedulian dan peran serta TNI dalam mendukung pelaksanaan program percepatan pembangunan daerah serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di pulau-pulau kecil yang sulit dijangkau transportasi apapun”, ujarnya.

Pulau Soop terletak di utara Selat Sele dan di lepas pantai barat laut Semenanjung Kepala Burung, terletak pada jarak sekitar empat kilometer (2,5 mil) barat Kota Sorong di daratan, 2,5 kilometer (1,6 mil) barat pulau Doom , 3 kilometer (1,9 mil) barat laut dari Pulau Nana (tidak berpenghuni), enam kilometer (3,7 mil) timur laut Pulau Jefman, dan lima kilometer (3,1 mil) selatan Pulau Raam. Soop memiliki panjang 3,3 kilometer (2,1 mil) dan lebar hingga 1,3 kilometer (0,81 mil), dengan luas 2,67 kilometer persegi (1,03 mil persegi).
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

728×90 Leaderbord