Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan negara-negara mitra dalam rangkaian pertemuan ASEAN Foreign Ministers’ Meeting

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan negara-negara mitra dalam rangkaian pertemuan ASEAN Foreign Ministers' Meeting

INTERNATIONAL378 Dilihat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan negara-negara mitra dalam rangkaian pertemuan ASEAN Foreign Ministers’ Meeting. Dalam sambutannya, Jokowi menekankan potensi besar ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia yang perlu didukung oleh negara-negara sahabat.

Acara pertemuan para menteri luar negeri ini telah memasuki hari keempat. Pada hari ini, Jumat (14/7/2023), akan dilaksanakan The 13th East Asia Foreign Ministers Meeting yang menghadirkan para menteri luar negeri ASEAN dan negara mitra seperti Australia, Tiongkok, India, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, Rusia, dan Amerika Serikat.

Selain itu, di tengah hari akan diadakan pertemuan trilateral antara Indonesia, Norwegia, dan Sekretariat ASEAN di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri Jakarta. Pada paruh kedua hari, akan dilanjutkan dengan ASEAN Post Ministerial Conference bersama Amerika Serikat dan 30th ASEAN Regional Forum yang dihadiri oleh Amerika Serikat, Kanada, Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, dan Uni Eropa.

Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan bahwa ASEAN memiliki potensi besar sebagai pusat pertumbuhan dunia, baik dalam hal jumlah populasi usia produktif maupun kekayaan alam yang melimpah. Namun, potensi ini perlu didukung oleh negara-negara mitra. Jokowi berharap pertemuan para menteri luar negeri kali ini dapat menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan antara ASEAN dan negara mitra.

“Kami negara-negara ASEAN, negara yang sedang berkembang, butuh pengertian, kearifan, dan dukungan dari negara-negara maju dan negara-negara sahabat untuk meninggalkan pendekatan zero sum dan mengambil pendekatan saling menguntungkan,” ujar Jokowi.

Pertemuan ini menjadi momentum penting dalam memperkuat hubungan ASEAN dengan negara-negara mitra, serta membangun kerja sama yang berkelanjutan untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *