Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan lahan relokasi bagi rumah warga terdampak banjir bandang yang terjadi di Agam, Sumatera Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan lahan relokasi bagi rumah warga terdampak banjir bandang yang terjadi di Agam, Sumatera Barat

Nasional39 Dilihat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan lahan relokasi bagi rumah warga terdampak banjir bandang yang terjadi di Agam, Sumatera Barat. Jokowi menyebut total sebanyak 625 rumah rusak akibat bencana banjir bandang dengan kondisi kerusakan ringan, sedang, hingga rusak berat.

“Rusak berat ada 159 rumah. Sudah terdata semuanya. Nanti kalau ada yang memang harus direlokasi, direlokasi,” ucap Jokowi saat meninjau langsung lokasi bencana di Agam, Selasa (21/5/2024).

Ia menambahkan pemerintah daerah telah menyiapkan penataan lahan untuk relokasi warga. Nantinya, lanjut Jokowi, pembangunan akan dilakukan Kementerian PUPR.

“Tadi Pak Bupati, Pak Gubernur, sudah menyiapkan lahannya sehingga nanti segera ada penataan lokasi. Kalau sudah, pemerintah pusat, Kementerian PU akan saya perintah untuk segera dimulai karena barangnya yang untuk membangun itu sudah siap,” tambah Jokowi.

Jokowi menegaskan ada ratusan rumah yang berada di jalur berbahaya yang mesti direlokasi. Kepala negara menjelaskan sudah lebih dari 100 kepala keluarga setuju untuk dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

“Tadi yang rusak berat, yang rumahnya rusak berat, yang memang di jalur yang berbahaya. Tidak mungkin dia kita biarkan mereka untuk membangun di tempat itu lagi, sangat berbahaya sehingga harus direlokasi,” ungkapnya.

“Dari 159 ada 100-an yang sudah setuju untuk relokasi, sisanya masih dalam proses,” sambungnya.

Selain relokasi rumah, Jokowi menyebut pemerintah juga memberikan santunan bagi korban meninggal.

“Tadi sudah saya sampaikan, yang meninggal akan segera diberikan santunan. Kemudian yang rumahnya rusak, untuk menenangkan beliau-beliau, masyarakat, segera bantuannya diberikan dan juga dimulai pembangunannya,” pungkasnya.