Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani dekret yang memudahkan warga negara Ukraina untuk memasuki Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani dekret yang memudahkan warga negara Ukraina untuk memasuki Rusia

INTERNATIONAL196 Dilihat

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani dekret yang memudahkan warga negara Ukraina untuk memasuki Rusia. Warga Ukraina sekarang dapat melintasi perbatasan Rusia tanpa visa dan dapat menggunakan berbagai jenis dokumen, termasuk paspor Ukraina, baik dalam negeri maupun luar negeri, paspor diplomatik atau dinas, serta kartu identitas pelaut atau awak pesawat, sesuai dengan keputusan yang telah diumumkan di portal pemerintah.

Keputusan itu tertuang dalam dekret yang ditandatangani Putin, Jumat (29/9/2023). Izin masuk juga akan diberikan bahkan jika dokumen-dokumen tersebut telah kedaluwarsa. Untuk anak-anak, diperlukan akta kelahiran atau paspor perwakilan hukum dengan informasi tentang anak tersebut.

Anak warga negara Ukraina juga dapat meninggalkan Rusia dengan perwakilan hukum atau dengan orang dewasa yang memiliki persetujuan notaris.

Sekadar informasi, selama tahun 1997, Rusia dan Ukraina telah memiliki perjanjian perjalanan bebas visa untuk warga keduanya. Namun, Ukraina mengakhiri perjanjian tersebut pada 1 Januari 2023.

Meskipun demikian, pemerintah Rusia memutuskan untuk tetap memberlakukan perjalanan bebas visa bagi warga negara Ukraina yang ingin masuk ke Federasi Rusia.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, juga menyatakan bahwa penduduk di empat wilayah Ukraina yang saat ini dikuasai oleh Rusia menginginkan untuk bergabung dengan Rusia.

Dalam pidatonya yang dirilis dalam peringatan satu tahun reunifikasi empat wilayah Ukraina– Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson– dengan Rusia pada Sabtu (30/9/2023), Putin mengatakan bahwa keinginan untuk bergabung dengan Rusia diperkuat oleh hasil pemilihan lokal baru-baru ini. Pernyataan ini mengonfirmasi hasil referendum tahun lalu yang mendapat kecaman dari negara-negara Barat sebagai tindakan ilegal.

Putin menyatakan bahwa invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 telah menyelamatkan masyarakat Ukraina dari pemimpin nasionalis di Kiev yang telah memicu perang saudara skala penuh dan teror terhadap mereka yang memiliki pandangan berbeda.

“Terima kasih telah menjaga dan mewariskan cinta tanah air kepada anak-anakmu. Berkat Anda, Rusia menjadi lebih kuat. Kita adalah satu bangsa, dan bersama-sama kita dapat mengatasi segala hal dan menghadapi tantangan apapun,” ujar Putin kepada penduduk di empat wilayah tersebut.

Putin juga menegaskan bahwa tidak ada yang dapat menggoyahkan keinginan jutaan orang atau keyakinan mereka terhadap kebenaran dan keadilan sejarah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *