Produsen mobil Jepang, Honda, menegaskan kembali komitmennya terhadap kendaraan listrik dengan rencana investasi sebesar 10 triliun yen (US$ 65 miliar) hingga tahun fiskal 2031

Produsen mobil Jepang, Honda, menegaskan kembali komitmennya terhadap kendaraan listrik dengan rencana investasi sebesar 10 triliun yen (US$ 65 miliar) hingga tahun fiskal 2031

TEKNOLOGI70 Dilihat

Produsen mobil Jepang, Honda, menegaskan kembali komitmennya terhadap kendaraan listrik dengan rencana investasi sebesar 10 triliun yen (US$ 65 miliar) hingga tahun fiskal 2031. Honda akan meluncurkan beberapa model kendaraan listrik secara global, termasuk di Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

“Honda tetap yakin bahwa kendaraan listrik adalah solusi paling efektif untuk mobilitas seperti sepeda motor dan mobil,” kata pernyataan resmi Honda Motor, dilansir dari AP, Kamis (16/5/2024).

Pada 2030, kendaraan listrik berbasis baterai dan sel bahan bakar diharapkan menyumbang 40% dari penjualan global mobil Honda Motor dengan kapasitas produksi global lebih dari 2 juta unit kendaraan listrik.

“Seri 0 yang menjadi inti strategi kendaraan listrik Honda, adalah lini kendaraan listrik baru yang dikembangkan dari awal,” kata CEO Honda Toshihiro Mibe.

Seri 0 akan diperkenalkan di Amerika Utara pada 2026 dan akan diluncurkan secara global, dengan tujuh model tersedia pada 2030. Di Tiongkok, Honda akan memperkenalkan 10 model EV pada 2027.

“Kami akan memimpin dalam mengubah gaya hidup demi mencapai tujuan keberlanjutan, tanpa menunggu orang lain untuk melakukannya,” ujar Mibe.

Dari total investasi sebesar 10 triliun yen (US$ 65 miliar) untuk proyek ini, sekitar 2 triliun yen (US$ 13 miliar) akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan perangkat lunak, dan 2 triliun yen (US$ 13 miliar)  untuk membangun rantai nilai EV yang lengkap di pasar utama seperti Amerika, Kanada, dan Jepang.

Sementara itu, sekitar 6 triliun yen (US$ 39 miliar) akan dialokasikan untuk “monozukuri,” atau “seni membuat sesuatu” dalam bahasa Jepang, yang mencakup pembangunan pabrik kendaraan listrik generasi mendatang, elektrifikasi sepeda motor, dan pengembangan model kendaraan listrik.