PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) melakukan evaluasi keterlambatan perjalanan commuter line yang terjadi pada hari pertama pemberlakuan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2023

Nasional956 Dilihat

PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) melakukan evaluasi keterlambatan perjalanan commuter line yang terjadi pada hari pertama pemberlakuan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2023 yang dimulai pada Kamis (1/6/2023). KAI Commuter pada hari pertama Gapeka 2023 mengoperasikan 1.133 perjalanan dengan 98 trainset di commuter line Jabodetabek.

Gapeka sendiri merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api berupa garis-garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, dan posisi perjalanan KA mulai dari keberangkatan, berhenti, kedatangan, bersilang, dan penyusulan yang digambarkan melalui grafik untuk mengendalikan perjalanan kereta api.

“Dari pantauan di lapangan, pada penyesuaian perjalanan sesuai dengan Gapeka 2023 ini, hingga pukul 12.00 WIB tercatat total kelambatan pemberangkatan perjalanan commuter line dengan rata-rata selama 6 menit dan kelambatan waktu kedatangan rata-rata selama 7,6 menit,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba dikutip Antara, Kamis (1/6/2023).

Menurut Anne, kelambatan tertinggi pada perjalanan commuter line Bogor rata-rata kelambatan pemberangkatan perjalanan selama sembilan menit dan rata-rata kelambatan kedatangan selama 11,5 menit. Selain itu, tercatat juga rata-rata kelambatan pemberangkatan perjalanan commuter line Cikarang selama 7,9 menit dan rata-rata kelambatan kedatangan perjalanan selama 9,1 menit. Sedangkan untuk rata-rata kelambatan pemberangkatan perjalanan commuter line Rangkasbitung selama 1,8 menit dan rata-rata kelambatan kedatangan perjalanan selama 3,4 menit.

Untuk mengantisipasi kelambatan perjalanan tersebut, KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi perjalanan commuter line dengan potong relasi pada jam sibuk pagi hari, yakni perjalanan commuter line nomor 1117 relasi Bogor-Jakarta Kota perjalanannya hanya sampai Stasiun Manggarai untuk kembali sebagai commuter line Nomor 1118 relasi Manggarai-Bogor. Selanjutnya untuk perjalanan commuter line nomor 1163 relasi Bogor-Jakarta Kota perjalanannya hanya sampai Stasiun Manggarai untuk kembali sebagai commuter line nomor 1164 relasi Manggarai-Bogor.

“KAI Commuter juga akan terus mengevaluasi terkait operasional perjalanan commuter line agar pelayanan kembali normal,” ujar Anne.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *