PT Mobil Anak Bangsa (MAB) segera memproduksi angkot listrik yang diberi nama Electric Metropod.

Otomatif302 Dilihat

PT Mobil Anak Bangsa (MAB) segera memproduksi angkot listrik yang diberi nama Electric Metropod. Angkot listrik ini juga sudah dipamerkan dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 yang digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, 17-21 Mei 2023.

Electric Metropod dibuat dengan kombinasi komponen lokal dan impor. Namun, pengerjaan Metropod 100% dilakukan oleh tenaga kerja lokal seperti produk-produk MAB lainnya.

“Tenaga kerja, desainer maupun teknisi, semua orang kita, orang Indonesia, 100%,” ungkap GM Motor Anak Bangsa (anak perusahaan MAB, Red), Winarto dalam acara PEVS 2023, Minggu (21/5/2023).

MAB sendiri telah mengeluarkan berbagai jenis mobil listrik. Sejauh ini, fokus produsen milik Kepala Staf Presiden Moeldoko itu masih di kendaraan niaga atau komersial. Sebelumnya, MAB telah membuat bus listrik 12 meter dan bus kecil 8 meter.

“Kemudian kita sedang mempersiapkan kendaraan kecil seperti Metropod, itu untuk smart city transportation, low speed. Jadi untuk angkutan orang, tetapi dengan kecepatan yang rendah. Kemudian kita berkembang juga dengan truk, ada truk sampah, ada truk angkutan. Semuanya berbasis listrik,” ungkap Winarto.

Sebelumnya, Direktur Utama PT MAB, Kelik Irwantono mengatakan, Metropod masih dalam tahap pengujian. Selanjutnya akan dilakukan uji tipe dan pada akhir tahun ini rencananya akan mulai diproduksi. Dia juga berharap Metropod bisa digunakan di Ibu Kota Negara (IKN), apalagi angkot listrik ini sudah autonomos.

Spesifikasi Electric Metropod
Metropod keluaran MAB ini dibekali dengan baterai tipe LifePo dengan spesifikasi 334.88 V 125 AH, dan kapasitas 41 kWh. Kapasitas baterai tersebut membuat EV ini dapat menempuh jarak sekitar 160 km dalam sekali pengecasan.

Mesin Metropod ini bisa mengeluarkan tenaga maksimal 60 kW dengan torsi maksimum 220 Nm. Adapun kecepatan maksimal yang bisa dicapai Metropod MAB yakni 80 kilometer per jam.

Sementara itu, untuk dimensi dari angkot listrik ini memiliki wheelbase 2400 mm, panjang 3950 mm, lebar 1700 mm, dan tinggi 2350 mm.

Metropod bisa menampung 15 orang. Ukuran kabin yang lebih tinggi dibanding angkot biasa juga membuat penumpang bisa berdiri di dalam Metropod MAB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *