PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) meraih penghargaan Transparansi Emisi Korporasi 2023 kategori platinum

PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) meraih penghargaan Transparansi Emisi Korporasi 2023 kategori platinum

Ekonomi266 Dilihat

PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) meraih penghargaan Transparansi Emisi Korporasi 2023 kategori platinum dari Bumi Global Karbon (BGK) Foundation yang bekerja sama dengan Investor Daily.

BGK Foundation melakukan penilaian berdasarkan laporan keberlanjutan perusahaan. Penilaian BGK Foundation mengacu pada GHG Protocol, salah satu standar global yang digunakan banyak lembaga di banyak negara untuk mengevaluasi kemajuan penerapan program penurunan emisi korporasi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada B-Universe, Beritasatu, Majalah Investor, dan Investor Daily, serta dewan juri Bumi Global Carbon yang telah memberikan penghargaan kepada kami, transparansi penurunan emisi kategori platinum,” ujar Direktur Panca Budi Idaman Lukman Hakim, Selasa (27/6/2023).

Lukman berharap, penghargaan tersebut menjadi amanah perseroan untuk selalu menjadi yang terbaik kepada masyarakat, investor, dan pemangku kepentingan lainnya. Hal ini demi mendukung pembangunan dan bisnis berkelanjutan.

Selain penurunan emisi korporasi, Panca Budi Idaman juga mencanangkan prinsip environmental, social, and governance (ESG) untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

“Demi aspek lingkungan hidup, kami telah mendaur ulang sampah plastik, sumbang air bersih, serta pelestarian lingkungan hidup seperti penanaman bibit mangrove,” sambung Lukman.

Belum lama ini, perseroan telah melakukan penanaman 18.000 bibit mangrove di Tanjung Pasir Tangerang pada 2022 dan 5.000 bibit pada Mei 2023 guna mereduksi emisi karbon. Pada masa mendatang, manajemen akan mendukung pelestarian lingkungan hidup sebagai upaya mereduksi emisi karbon dengan memaksimalkan efisiensi energi.

Sebagai program dan strategi perseroan dalam menurunkan emisi karbon, Panca Budi Idaman melakukan efisiensi penggunaan energi, menggunakan teknologi ramah lingkungan, serta rutin merawat aset yang berpotensi menyumbang GRK.

“Kami yakin akan memberi manfaat kepada masyarakat dan menciptakan nilai tambah bagi perseroan,” tegas Lukman.

Founder BGK Foundation Achmad Deni Daruri menyampaikan, ada dua poin penting penilaian, yakni keberhasilan penurunan emisi dan perhitungan emisi. Tingkat keberhasilan korporasi dalam upaya penurunan emisi masuk dua level penilaian, yakni green dan green elite.

Green mengungkapan pencapaian dan perhitungan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) satu perusahaan, namun tidak ada verifikasi pihak independen. Sedangkan Green Elite mengungkapan pencapaian dan perhitungan penurunan emisi GRK serta perhitungan GRK dan mendapat verifikasi pihak independen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *