Puskesmas Kelurahan Semper Barat II Gelar Penyuluhan Hepatitis Akut

oleh -52 Dilihat

 

Puskesmas Kelurahan Semper Barat II mengadakan penyuluhan tentang penyakit hepatitis akut di lingkungan sekolah. Sejumlah informasi penting disampaikan kepada peserta didik agar lebih memahami dan gencar melakukan upaya pencegahan hepatitis akut.

“Alhamdulillah, pihak sekolah seperti di SDN 03 Semper Barat, SDN 011 Semper Barat dan MI Mujayanah memberikan respon yang sangat baik dengan pelaksanaan kegiatan penyuluhan hepatitis akut. Kegiatan ini akan dijadwalkan secara rutin ke sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA di setiap harinya,” jelas Kepala Puskesmas Kelurahan Semper Barat II, drg. Lesti Harni saat dikonfirmasi, Senin (23/5).

Berbagai materi penyuluhan yang diberikan meliputi penjelasan tentang hepatitis akut, penyebab hepatitis akut yang belum diketahui, gejala hepatitis akut, pencegahan hepatitis akut, apa yang harus dilakukan jika ada gejala, dan enam langkah cuci tangan.

“Gejala awal dari hepatitis akut adalah mual, muntah, diare, dan demam ringan. Kami juga mengingatkan kepada anak-anak apabila ada gejala awal segera beritahukan kepada orang tua atau guru agar cepat mendapatkan penanganan lebih lanjut,” imbaunya.

Ia menerangkan pencegahan hepatitis akut pada saluran pernafasan hampir sama dengan pencegahan Covid-19 dan hal ini sudah menjadi kebiasaan pada anak-anak seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan  dan mobilitas.

Sedangkan pencegahan untuk saluran pencernaan dengan cara mencuci tangan pakai sabun, menghindari memakai alat makan bergantian, mengkonsumsi makanan yang bersih dan minum air matang, dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Anak-anak juga harus memahami dan mengenali penyakit hepatitis akut sehingga mereka bisa lebih waspada dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkap Kepala Puskesmas Kelurahan Semper Barat II.

No More Posts Available.

No more pages to load.