Raffi Ahmad kembali menjadi perbincangan publik setelah Ketua National Corruption Watch (NCW), Hanafi Sutrisna menduga suami Nagita Slavina itu terlibat tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan menjadi penampung uang para koruptor

Raffi Ahmad kembali menjadi perbincangan publik setelah Ketua National Corruption Watch (NCW), Hanafi Sutrisna menduga suami Nagita Slavina itu terlibat tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan menjadi penampung uang para koruptor

Diva News75 Dilihat

Nama Raffi Ahmad kembali menjadi perbincangan publik setelah Ketua National Corruption Watch (NCW), Hanafi Sutrisna menduga suami Nagita Slavina itu terlibat tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan menjadi penampung uang para koruptor.

Namun, tudingan itu langsung dibantah Raffi. Menurut Hotman Paris selaku pengacara Raffi Ahmad, kekayaan kliennya tersebut berasal dari penghasilannya sebagai seorang selebritas dan YouTuber.

Penghasilannya dari honor syuting rata-rata Rp 4,5 miliar dalam sebulan. Penghasilan ini belum ditambah sumber pendapatan lainnya dari platform YouTube pada saluran Rans Entertainment.

Saat ini YouTube Rans Entertainment memiliki 26 juta subcribers dengan estimasi penghasilan mencapai US$ 7.900 – US$ 126.900 per bulan, atau sekitar Rp 124 juta sampai Rp 2 miliar per bulan.

Namun ternyata, Raffi Ahmad bukan salah satu dari lima YouTuber terkaya di Indonesia, berikut ini deretannya yang disitat dari laman Social Blade, Rabu (7/2/2024).

1. Nak Appan
YouTuber pendapatan terbesar adalah Nak Appan dengan kontennya yang sebagian besar drama komedi. Dia juga mengunggah tentang kehidupan sehari-harinya.

Estimasi pendapatan Nak Appan per bulan mencapai US$ 143.200 – US$ 2.3 juta atau setara Rp 2,2 miliar hingga Rp 35,9 miliar, dengan subscribers 5,11 juta.

2. Abil Fatan Key
Di urutan kedua, ada Abil Fatan Key dengan 7,06 juta subscribers. Konten Abil Fatan Key meliputi drama anak dan kehidupan sehari-hari.

Estimasi pendapatan Abil Fatan Key per bulan mencapai US$ 131.300 – US$ 2.1 juta atau setara Rp 2,0 miliar hingga Rp 32,8 miliar.

3. Si Bocil – Bocah Cilik
Si Bocil – Bocah Cilik juga masuk dalam daftar YouTuber terkaya di Indonesia, yang memiliki 9,88 juta subscribers. Kontennya juga berisi tentang tantangan, bernyanyi, dan lainnya.

Sementara untuk estimasi pendapatan per bulan, Si Bocil – Bocah Cilik meraup US$ 118.000 – US$ 1.9 juta atau setara Rp 1,8 miliar hingga Rp 29,7 miliar.

4. OMMNRP
OMMNRP merupakan saluran YouTube yang menggunggah konten, seperti animasi kartun, gim, dan lainnya. Saluran ini memiliki 3,52 juta subscribers.

Untuk pendapatannya per bulan adalah US$ 108.500 – US$ 1.7 juta yang setara dengan Rp 1,6 miliar hingga Rp 26,5 miliar.

5. Nurryani25
YouTuber terkaya terakhir adalah Nurryani25 dengan jumlah subscribers 5,06 juta. Konten yang kerap diunggah Nurryani25 hampir seluruhnya berisi drama komedi.

Untuk per bulan, Nurryani25 memiliki pendapatan dari YouTube sebesar US$ 106.500 – US$ 1.7 juta atau setara Rp 1,6 miliar sampai Rp 26,6 miliar.