Rahasia Pemasukan Influencer

oleh -269 views

Perkembangan dunia digital di Indonesia yang sedemikian pesat, memberikan kemudahan suatu produk untuk melakukan promosi secara online. Salah satunya, dengan menggunakan jasa influencer.

Profesi ini biasanya merupakan kalangan youtuber, selebgram, maupun blogger serta artis, yang memiliki banyak follower atau pengikut di media sosial (Medsos).

Selain mendapatkan penghasilan dari berbagai kerja sama dengan produsen atau brand, kalangan influencer juga mempunyai salah satu sumber penghasilan rahasia yang jarang diketahui masyarakat, yakni affiliate marketing.

Meskipun baru populer beberapa tahun belakangan ini, affiliate marketing sukses menjadi salah satu sumber pendapatan para influencer ternama seperti contohnya DKID, Regina Amalia, KeeRun, dan masih banyak lainnya.

Sebelumnya, influencer sudah terbiasa memonetize channel-nya dengan booking fee atau post fee untuk mempromosikan suatu brand. Namun, hal ini sudah mulai ditinggalkan karena hasil sales yang tidak pasti oleh para brand.

Saat ini, brand sudah beralih ke cost per action (CPA). Sistem inilah yang kemudian menjadikan affiliate marketing berkembang pesat.

Affiliate marketing sebelumnya lebih dikenal dengan metode online advertising, dimana para brand akan membayar komisi pada setiap persyaratan yang mereka targetkan seperti sales, apps install, klik dan lainnya.

“Awalnya saya hanya berfokus untuk membuat konten haul di Youtube untuk meningkatkan subscribers dan viewers, tetapi lama kelamaan saya juga perlu pemasukan lain selain adsense karena saat itu channel aku baru berkembang,” kata KeeRun, salah satu generasi awal dari top influencer yang sudah menjalankan affiliate marketing bersama Ecomobi, Kamis (10/6/2021).

“Nah, untungnya aku dapat info dari salah satu grup content creator tentang Ecomobi. Awalnya, hasilnya belum terlihat karena affiliate marketing ini sistemnya per sales. Namun, setelah 1 bulan memasang link Ecomobi gak kerasa bisa dapat lebih dari Rp 10 juta dalam seminggu. Tentunya, dengan ini aku gak perlu bergantung dengan booking fee atau video fee untuk pemasukan sampingan, karena dari Ecomobi bisa stabil terus menjadi sumber konten dan income aku sekarang,” tambah KeeRun.

No More Posts Available.

No more pages to load.