Remaja aktivis lingkungan Greta Thunberg kembali menyuarakan keprihatinannya atas krisis iklim dan ekologi dunia

oleh -497 views

Remaja aktivis lingkungan Greta Thunberg kembali menyuarakan keprihatinannya atas krisis iklim dan ekologi dunia. Kepada para pemimpin dunia yang menggelar pertemuan daring Forum Ekonomi Dunia (WEF) 2021, Thunberg menyindir dan menagih janji tindakan nyata.

“Nama saya Greta Thunberg dan saya tidak di sini untuk membuat kesepakatan. Anda tahu, saya tidak termasuk dalam kepentingan finansial atau partai politik. Jadi saya tidak bisa tawar-menawar atau bernegosiasi. Saya di sini hanya untuk sekali lagi mengingatkan Anda tentang keadaan darurat yang kita hadapi. Krisis yang Anda dan pendahulu Anda telah ciptakan dan timbulkan atas kami. Krisis yang terus Anda abaikan,” serunya lewat satu pesan video, seperti dikutip situs WEF Senin (25/1).

Greta Thunberg mengaku untuk mengingatkan para peserta forum tentang janji-janji yang telah dibuat kepada anak dan cucu. Dia juga memberi tahu bahwa kaum muda tidak bersedia berkompromi pada tingkat keamanan minimum yang masih tersisa.

Dikatakan, krisis iklim dan ekologi tidak dapat diselesaikan dalam sistem saat ini. Menurut ilmu pengetahuan terbaik yang tersedia saat ini yang tidak lagi menjadi opini; itu fakta.

“Kita perlu mengingat hal ini karena negara, bisnis, dan investor sekarang bergegas untuk mempresentasikan apa yang disebut target dan komitmen iklim “ambisius” mereka. Semakin lama kita menghindari kebenaran yang tidak menyenangkan ini, dan semakin lama kita berpura-pura bisa menyelesaikan iklim – dan keadaan darurat ekologi – tanpa memperlakukannya seperti krisis – semakin banyak waktu berharga yang akan hilang. Dan inilah waktu yang tidak kita miliki,” tambahnya.

Saat ini, kata Thunberg, banyak orang mendengar para pemimpin dan negara di seluruh dunia berbicara tentang “darurat iklim eksistensial”. Namun alih-alih mengambil tindakan segera dalam keadaan darurat apa pun, para pemimpin menetapkan target hipotetis yang tidak jelas dan tidak memadai ke masa depan, seperti “net-zero 2050”.

Dikatakan, karena tingkat kesadaran publik terus rendah, para pemimpin kita masih bisa lolos dengan hampir semua hal. Tidak ada yang dimintai pertanggungjawaban. Ini seperti permainan. Siapa pun yang paling baik dalam mengemas dan menjual pesan mereka menang.

728×90 Leaderbord

“Seperti sekarang ini, kita dapat mengadakan pertemuan dan pertemuan sebanyak yang kita inginkan, tetapi kecuali kita memperlakukan krisis iklim dan ekologi seperti krisis, tidak ada perubahan yang akan dicapai. Apa yang kita butuhkan – untuk memulai – adalah menerapkan anggaran karbon yang mengikat tahunan berdasarkan ilmu pengetahuan terbaik yang tersedia saat ini,” ujarnya.