Rosacea bukan kondisi yang mengancam jiwa, namun efeknya terhadap mental

oleh -451 views

Rosacea bukan kondisi yang mengancam jiwa, namun efeknya terhadap mental dan emosional bisa sangat kuat. Kulit memerah dan bertekstur mirip jerawat dapat sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Walaupun belum ada obatnya, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalisir tampilan rosacea, seperti diet, mengurangi konsumsi alkohol, dan memperhatikan produk skincare yang kamu gunakan. Rosacea berarti kamu memiliki pelindung kulit yang sedikit lemah, sehingga banyak kandungan skincare yang bisa digunakan kulit normal, justru sangat mengiritasi kulit dengan kondisi rosacea.

Dilansir dari byrdie.com, berikut ini adalah beberapa kandungan skincare yang sebaiknya dihindari bagi penderita rosacea. Penasaran apa saja?

1. Tretinoin

Tretinoin atau retinoid terkadang digunakan untuk mengatasi rosacea, membantu mengurangi munculnya benjolan dan pustula. Sayangnya, penderita rosacea memiliki kulit yang sangat sensitif, sehingga retinoid yang sifatnya kuat justru berpotensi menyebabkan iritasi dan memperburuk kemerahan.

2. Benzoyl Peroxide dan Salicylic Acid

Benzoyl Peroxide adalah bahan umum yang digunakan untuk mengobati jerawat, sekaligus musuh rosacea. Secara alami, akan meningkatkan stres oksidatif kulit, peradangan, dan penuaan dini.

3. Asam glikolat

728×90 Leaderbord

Asam eksfoliasi ini terlalu keras untuk penderita rosacea. Hindari menggunakannya pada kulit yang rentan terhadap peradangan dan kemerahan.

4. Hydroquinone

Hydroquinone adalah pencerah kulit, namun sama sekali tidak disarankan untuk penderita rosacea. Bahan ini terlalu keras untuk ditoleransi oleh penderita rosacea dan dapat dengan mudah membakar kulit.

5. Witch Hazel

Walaupun beberapa toner Witch Hazel bebas alkohol, namun banyak yang dijual komersil sebenarnya mengandung 15 sampai 30% etanol, bahan yang dapat mengiritasi kulit.

6. Methol, Eucalyptus Oil, dan Peppermint

Sensasi mint sebenarnya berbahaya bagi penderita rosacea. Sensasi ini biasanya memberikan lebih banyak rasa terbakar dan gatal.

7. Sabun yang kasar

Sabun biasa cenderung memiliki kandungan deterjen yang terlalu tinggi dan sering menggunakan bahan kimia berbahaya. Termasuk Formaldehida dan Natrium Lauril Sulfat yang bisa sangat mengiritasi penderita rosacea.