Rusia mengklaim memiliki vaksin Covid-19 yang layak dan efektif yang siap diluncurkan ke produksi dalam beberapa minggu mendatang

oleh -26 views

Rusia mengklaim memiliki vaksin Covid-19 yang layak dan efektif yang siap diluncurkan ke produksi dalam beberapa minggu mendatang. Dalam paparan jadwal yang begitu ambisius, vaksin Rusia melompati prosedur tahapan farmasi yang sudah mapan.

Seperti dilaporkan NBCnews, Minggu (9/8/2020), Rusia tidak merahasiakan niatnya untuk memenangi perlombaan global vaksin Covid-19. Pakar kesehatan khawatir bahwa kemajuan pesat vaksin Rusia seperti itu disertai dengan risiko yang melekat.

“Saya berharap Tiongkok dan Rusia benar-benar menguji vaksin sebelum mereka memberikannya kepada siapa pun. Klaim memiliki vaksin yang siap didistribusikan sebelum Anda melakukan pengujian, menurut saya, paling bermasalah,” kata Pakar Penyakit Menular Amerika Serikat (AS) Anthony Fauci.

Kalau Oxford menggunakan adenovirus monyet, vaksin Rusia justru menggunakan adenovirus manusia. Tetapi jika berhasil menjadi yang pertama memasarkan vaksin Covid-19, Rusia akan menjadi negara yang mengambil risiko dan menguji kekuatan ilmiahnya.

“Rusia secara tradisi sangat kuat dalam vaksin. Vaksin yang kami miliki sebenarnya merupakan tiruan dari vaksin Ebola yang dikembangkan lima tahun lalu oleh Institut Gamaleya di Moskwa,” kata Kirill Dmitriev, kepala Dana Investasi Langsung Rusia, yang mendanai uji coba vaksin,.

Menurut Dmitriev, yang mengambil bagian dalam uji klinis awal vaksin, vaksin Rusia mampu melaju lebih cepat karena merupakan versi modifikasi dari vaksin sebelumnya melawan virus sindrom pernapasan Timur Tengah, yang pertama kali muncul di Arab Saudi pada tahun 2012 dan sangat dekat terkait dengan Covid-19. Vaksin MERS sendiri dibuat dengan menggunakan virus Ebola sebagai dasarnya.

Menteri Perdagangan Rusia, Denis Manturov, mengatakan produksi vaksin Covid-19 harus dimulai segera pada bulan September. Ada tiga perusahaan Rusia telah siap untuk menangani produksi massal dengan volume produksi beberapa ratus ribu dosis vaksin per bulan dengan peningkatan berikutnya menjadi beberapa juta dosis pada awal tahun depan.

728×90 Leaderbord