Saat berpuasa, banyak orang yang mengonsumsi kurma untuk takjil

oleh -337 views

Saat berpuasa, banyak orang yang mengonsumsi kurma untuk takjil. Kurma adalah buah yang berasal dari Timur Tengah, yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah kurma memiliki warna cokelat dan rasa manis, yang diperkaya dengan kandungan karbohidrat, serat, protein, kalium, magnesium, mangan, zat besi, vitamin B6, antioksidan, vitamin K dan asam folat, sehingga aman dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Bupati Pesawaran

Kurma bisa dikonsumsi secara langsung, tetapi juga bisa diolah menjadi kue, bumbu gulai atau susu, yang membuat cita rasanya semakin lezat. Berikut manfaat kurma yang perlu diketahui.

Manfaat Kurma

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kurma yang pertama adalah membantu melancarkan sistem pencernaan, karena kurma memiliki kandungan serat yang tinggi, yang bisa membantu menyembuhkan masalah pencernaan, seperti sembelit atau diare.

2. Meningkatkan Energi

Selain dijadikan sebagai takjil, kurma bisa dikonsumsi saat sahur, karena kurma bisa membantu meningkatkan energi, agar tubuh tidak mudah lelah saat beraktivitas harian.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat kurma yang selanjutnya adalah membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Sebagian orang yang menjalankan ibadah puasa, kadar gula darah sering meningkat karena saat buka puasa langsung mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Kurma ini bisa dikonsumsi sebagai takjil, untuk mengganti makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan.

4. Mencegah Paparan Radikal Bebas

Seperti yang sudah kita ketahui, terkena paparan radikal bebas bisa merusak sel imun tubuh dan membuat seseorang mudah terinfeksi virus, yang menyebabkan penyakit. Kurma memiliki kandungan antioksidan, yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan melindungi sel imun tubuh dari kerusakan.

728×90 Leaderbord

Manfaat Kurma yang Selanjutnya

5. Mengontrol Berat Badan

Kurma juga memiliki manfaat, yang bisa membantu mengontrol berat badan agar tidak meningkat saat puasa. Karena kurma memiliki kandungan karbohidrat dan serat, yang bisa membuat perut kenyang lebih lama dan menahan napsu makan.

6. Menguatkan Tulang

Buah kurma diperkaya bisa membantu menguatkan tulang dan gigi, karena kurma memiliki kandungan selenium, mangan dan tembaga, yang diperlukan tubuh untuk mencegah pengeroposan tulang dan terhindar dari osteoporosis.

7. Menyehatkan Jantung

Krena kurma mengandung magnesium, kalium dan serat, maka kurma bisa membantu mengontrol kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Kurma bisa menghilangkan kolesterol jahat di dalam tubuh, serta membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.