Saat ini, Tiongkok punya lebih dari 300 satelit di orbit untuk berbagai aplikasi

oleh -370 views

Sistem aplikasi satelit Tiongkok telah membuat kemajuan besar pada tahun 2020. Saat ini, Tiongkok punya lebih dari 300 satelit di orbit untuk berbagai aplikasi.

Seperti dilaporkan Xinhua, Sabtu (27/2), data itu diungkap dalam laporan terbaru yang dirilis oleh China Aerospace Science and Technology Corporation.

Di antara 300 satelit itu adalah satelit navigasi Beidou, yakni satelit penginderaan jauh untuk pemantauan meteorologi dan kelautan, serta satelit komunikasi.

Tiongkok memulai pembangunan sistem komunikasi satelit melalui pita lebar berkapasitas tinggi pada tahun 2020. Saat itu, satelit telekomunikasi APSTAR-6D diluncurkan pada bulan Juli.

Berdasarkan kemampuan komunikasi satelit, Tiongkok menyediakan layanan komunikasi bagi pengguna di darat maupun di laut dan udara. Jumlah pengguna layanan satelit siaran langsung telah melebihi 145 juta.

Dengan peningkatan infrastruktur ruang angkasa, menurut laporan itu, perusahaan kedirgantaraan telah mempromosikan integrasi kedirgantaraan dan industri lainnya melalui operasi satelit dan penambangan data.

728×90 Leaderbord