SAAT LINTAS LAUT, KRI BANDA ACEH-593 ADAKAN WARSHIP TOUR KEPADA PESERTA LATSITARDANUS XLIII

Nasional400 Dilihat

 

Berita Kolinlamil TNI AL, 16 Mei 2023 ——- Di tengah lintas laut menuju ke Sumatera Barat, dua Kapal Perang jenis Landing Platform Dock (LPD) yaitu KRI Banda Aceh-593 dan KRI Surabaya-591 mengadakan warship tour bagi peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII tahun 2023 yang on board KRI. Peserta Latsitardanus XLIII adalah Taruna dari Akademi TNI, Taruna Akademi Kepolisian, Praja IPDN dan Taruna Badan Siber dan Sandi Negara.

Selama pelayaran, para Taruna dikenalkan tentang dunia keangkatanlautan dan kebaharian sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara maritim. Selain itu juga, KRI Banda Aceh-593 juga memberikan pengetahuan tentang kehidupan peraturan dinas dalam di kapal perang, pengenalan anjungan kapal, haluan serta fasilitas dan teknologi yang dimiliki KRI.

Komandan KRI Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Sulthon Firdaus menyampaikan bahwa Latsitardanus XLIII tahun 2023 ini akan dilaksanakan di wilayah Sumatera Barat yang dilaksanakan mulai tanggal 12 Mei hingga 8 Juni 2023. Oleh karena itu selama pelayaran menuju Sumatera Barat akan terus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk bekal para Taruna kedepannya. Selama di kapal perang mereka juga tetap diminta untuk menjaga kebugaran badan dengan tetap berolah raga dengan menyesuaikan tempat dan kondisi yang ada.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yayan Sofiyan telah menyampaikan pesannya kepada Komandan KRI Banda Aceh-593 untuk memprioritaskan keselamatan personel dan materiil atau zero accident selama pelayaran hingga tiba di tempat tujuan. Panglima Kolinlamil juga berpesan agar Komandan dan prajurit KRI Banda Aceh-593 untuk menciptakan kesan yang positif dan mendalam dengan memberikan layanan terbaik kepada para Taruna baik dalam hal dukungan logistik, akomodasi dan respon prajurit KRI bilamana ada hal-hal yang perlu mendapatkan atensi.

Keterlibatan Kolinlamil dalam mendukung kegiatan Latsitardanus XLIII merupakan bentuk sinergitas TNI Angkatan Laut dengan berbagai komponen bangsa, dimana hal tersebut merupakan salah satu hal yang menjadi penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam perintah hariannya. Perkokoh soliditas antar matra TNI dengan mengacu pada kerangka penguatan konsep operasi gabungan serta jalin sinergitas dengan Polri, instansi Pemerintah, maupun komponen bangsa lain sesuai dengan doktrin TNI guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut dan tugas pokok TNI. (Dispen Kolinlamil)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *