Salah satu tantangan terbesar bagi grup K-Pop adalah menghadapi kutukan 7 tahun debut

oleh -934 views

Salah satu tantangan terbesar bagi grup K-Pop adalah menghadapi kutukan 7 tahun debut. Banyak yang bertumbangan di usia ketujuh meski karier mereka termasuk stabil. Hal itu tidak berlaku bagi Brave Girls.

Girl group yang satu ini terbilang cukup senior karena sudah terbentuk sejak tahun 2011. Tahun ini mereka akan merayakan anniversary karier mereka yang telah memasuki satu dasawarsa.

Selama ini mereka sudah melalui berbagai gelombang dan bongkar pasang personel. Di tahun 2021 Brave Girls pun bangkit dari keterpurukan, berkat sebuah fenomena yang tak disangka-sangka.

Brave Girls memulai debutnya di bawah agensi Brave Brothers pada April 2011. Di momen ini mereka bersaing dengan grup-grup besar seperti SNSD dan Wonder Girls yang sedang bersinar.

Formasi awal mereka terdiri atas lima member, yakni Eunyoung, Seo A, Yejin, Yoojin dan Hyeran.  Single debut mereka bertajuk So Sexy dan Do You Know cukup berhasil membuat penikmat K-Pop melirik mereka.

Setelah merilis dua EP, Brave Girls sempat hiatus selama sekitar dua tahun. Kiprah mereka saat itu terkendala permasalahan, yang mengakibatkan adanya perubahan dalam grup.

Setelah vakum selama 2,5 tahun Brave Girls kembali dengan kabar baru di tahun 2016. Mereka mengubah formasi menjadi tujuh member, dengan menyisakan dua member original yakni Yoojin dan Hyeran.

728×90 Leaderbord

Lima member dengan usia muda masuk dan melengkapi formasi Brave Girls jadi 7 orang. Tahun 2017 dua member original memilih keluar, dan membawa era baru bagi mereka.

Comeback Brave Girls cukup meyakinkan dengan format yang lebih segar. Mereka merilis single Rollin yang saat itu cukup menjanjikan, tapi tak mendapat eksposure yang layak dari industri.

Hayun, member yang baru masuk pada 2016 pun memilih hengkang demi mengejar pendidikan. Brave Girls bertahan dengan empat member hingga saat ini. Meski industri tak terlalu memihak, mereka tetap solid sebagai grup.

Era social media membawa dampak luar biasa terhadap Brave Girls. Nama mereka kembali mencuat setelah penampilan mereka membawakan lagu Rollin ramai diperbincangkan.

Saat itu Brave Girls tampil di hadapan para tentara yang menunjukkan reaksi yang antusias. Video tersebut viral dan membuat Rollin meroket tajam di chart musik. Empat tahun setelah rilis, lagu tersebut mendapat apresiasi yang layak mereka raih.

Banyak fans menganggap Brave Girls beruntung karena video mereka viral. Namun bagi sebagian lainnya, ini adalah buah dari kerja keras mereka yang selama bertahun-tahun tak terlihat di mata publik.