Salat Idulfitri yang digelar pada 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal

Salat Idulfitri yang digelar pada 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal

Nasional148 Dilihat

Salat Idulfitri yang digelar pada 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Rabu (10/4/2024). Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, sterilisasi mulai dilakukan pada pukul 02.00 WIB.

“Sterilisasinya mulai dari pukul 02.00 dini hari. Jadi pergerakan-pergerakan di kawasan VVIP termasuk Istiqlal itu sudah mulai diperiksa secara ketat,” ujar Nasaruddin Umar dalam konferensi pers, Selasa (9/4/2024).

Berdasarkan pantauan jurnalis, sekitar pukul 20:10 WIB sudah terlihat anggota Paspampres yang tiba di Masjid Istiqlal. Mereka juga terlihat memasang pintu metal detector guna sebagai bagian dari keamanan.

Nasaruddin Umar menyebut, untuk kawasan VVIP sudah diperiksa dengan ketat. Misalnya pintu Al-Malik, hanya dikhususkan dilalui oleh presiden dan wakil presiden.

“Kalau wapres atau presiden lagi datang atau pejabat lain, kita sudah punya protap yang melekat. Tentu kita libatkan pihak TNI dan Polri untuk pengamanannya, ditambah dengan pengamanan internal Istiqlal,” kata Nasaruddin.

“Lalu ada juga dari DKI Jakarta untuk Satpol PP, khusus pengamanan lebih teknis mengenai perparkiran dan seterusnya. Jadi saya kira kita sudah antisipasi,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Nasaruddin juga menerangkan bahwa pihaknya telah mengantisipasi terkait kantong parkir. Area khusus parkir VVIP berlokasi di dekat Pintu Al-Malik.

Pihak Masjid Istiqlal juga telah berkomunikasi dengan pengelola Gereja Katedral untuk meminjam lahan parkirnya, agar masyarakat bisa memarkirkan kendaraannya di halaman gereja karena area Masjid Istiqlal yang sudah disterilkan.

“Kita juga sudah mengantisipasi di sekitar Monas, jadi nanti antar jemput. Jadi kalau saja diikuti peraturan besok yang ditetapkan oleh pihak kepolisian, insyaallah diharapkan bisa lancar,” terangnya.